PRODUKSI KONTEN MEDIA KOMUNITAS DI ERA DIGITAL (Studi pada Podcast Rumah NoNy di Kanal Youtube Komsos keuskupan Bandung)

Darmawan, Irenius Editia (2023) PRODUKSI KONTEN MEDIA KOMUNITAS DI ERA DIGITAL (Studi pada Podcast Rumah NoNy di Kanal Youtube Komsos keuskupan Bandung). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Irenius Editia Darmawan)
181006731_Bab 0.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006731_Bab 1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
181006731_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
181006731_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img]
Preview
Text
181006731_Bab 4.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi konten digital Podcast Rumah NoNy di kanal youtube Komsos Keuskupan Bandung. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja modal yang dimiliki oleh tim produksi podcast rumah NoNy dalam produksi serta untuk mengetahui apakah podcast rumah NoNy dapat menjadi media komunitas. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi konten dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pada proses pra produksi langkah-langkah yang dilakukan dengan menentukan tema, narasumber, dan penataan lampu serta kamera. Proses produksi langkah untuk memastikan jalannya produksi berjalan dengan baik. Tahapan pasca produksi merupakan tahap editing video, publikasi dan peninjauan ulang. Modal yang dimiliki dibagi menjadi tiga yaitu ekonomi, budaya dan sosial. Modal ekonomi yang dimiliki oleh tim produksi podcast rumah NoNy berasal dari dana internal Keuskupan Bandung, monetisasi youtube, iklan produk, dan donasi dari para penonton. Modal budaya yang dimiliki berasal dari lembaga formal pendidikan, latar belakang pekerjaan dan hobi. Modal sosial berasal dari relasi anggota tim produksi podcast rumah NoNy. Podcast rumah NoNy menjadi media komunitas karena memiliki tiga ciri utama yaitu proximity, empathy dan interaksi. Proximity ditunjukan dengan pengambilan tema berdasarkan pertanyaan yang ada dalam kolom komentar. Empathy ditunjukan dengan background pembawa acara yang berasal dari masyarakat awam. Interaksi diaplikasikan dengan adanya kolom komentar bagi para penonton.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media digital; Media komunitas; Podcast, Produksi konten; Rumah NoNy
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2023 17:38
Last Modified: 24 Nov 2023 17:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30605

Actions (login required)

View Item View Item