Raesita, Theodora Dui (2023) PENERIMAAN SOSIAL GURU TRANSGENDER DI SEKOLAH (DI TK PERMATA HATI, NGLUWAR, MAGELANG, JAWA TENGAH). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Theodora Dui Raesita)
191006863_Bab 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
191006863_Bab 1.pdf Download (967kB) | Preview |
|
Text
191006863_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) |
||
Text
191006863_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
||
|
Text
191006863_Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan sosial yang terjadi pada guru yang beridentitas sebagai transgender. Penelitian berlokasi di TK Permata Hati, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah. Konsep besar yang digunakan pada penelitian ini adalah penerimaan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan wawancara terstruktur dan secara mendalam kepada setiap informan secara tatap muka. Selain itu peneliti juga melakukan catatan lapangan dan pengamatan langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan karyawan terhadap guru transgender ini dilatar belakangi dengan rasa terdesak dan rasa membutuhkan karena kurangnya tenaga pendidik di sekolah. Keterlibatan guru transgender ini lalu diuji dengan enam aspek yang dicetuskan oleh Parker & Asher (1993). Kemudian ditemukan tiga aspek yang mendasari terjadi penerimaan sosial guru transgender di sekolah. Pertama, dukungan yang di dalamnya meliputi kepedulian dan perhatian. Kedua, kedekatan dan keterikatan. Ketiga, perbedaan pendapat dan penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan Sosial, Pendidik, Aspek – Aspek Penerimaan Sosial |
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 18:29 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 18:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30609 |
Actions (login required)
View Item |