PENGARUH CONCERN FOR OTHER CONSUMERS PADA KOLOM KOMENTAR UNGGAHAN TIKTOK @ANGGAGRSN TERHADAP BRAND IMAGE COFFEE SHOP LE TRAVAIL YOGYAKARTA

HALOFISA, CATHERINE CYNTHIA (2023) PENGARUH CONCERN FOR OTHER CONSUMERS PADA KOLOM KOMENTAR UNGGAHAN TIKTOK @ANGGAGRSN TERHADAP BRAND IMAGE COFFEE SHOP LE TRAVAIL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CATHERINE CYNTHIA HALOFISA)
190906881 - 0.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906881 - 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906881 - 2.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
190906881 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
190906881 - 4.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak pilihan coffee shop untuk menjadi tempat nongkrong. Namun, terdapat beberapa coffee shop di Yogyakarta yang mengintimidasi pengunjung karena style fashion yang digunakan ataupun karena kelompok-kelompok selebgram atau orang ternama di Yogyakarta, salah satunya adalah coffee shop Le Travail. Fenomena fashion yang dikaitkan dengan indentitas sebuah coffee shop menunjukkan adanya pergeseran brand image yang dibangun oleh perusahaan dengan persepsi seseorang terhadap merek tersebut. Unggahan akun Tiktok @anggagrsn yang turut membahas fenomena tersebut menjadi ruang berdiskusi untuk audiensnya merupakan salah satu bentuk electronic word of mouth (E-WOM). Komentar-komentar audiens pada kolom komentar merupakan bentuk berbagi pengalaman serta rekomendasi terkait topik yang diangkat oleh @anggagrsn menjadi salah satu bentuk E-WOM yakni concern for other consumers. Pada penelitian ini, meskipun komentar-komentar pada kolom komentar terkesan negatif namun responden tetap memiliki citra yang baik terhadap coffee shop Le Travail karena adanya kesesuain dengan gaya berpakaian pengujung Le Travail yang fashionable. Selain itu, responden juga mengetahui kekuatan dan keunikan yang dimiliki Le Travail berasal dari karakteristik pengunjungnya. Setelah melakukan penelitian, ditemukan data bahwa pengaruh antara variabel concern for other consumers pada kolom komentar unggahan Tiktok @anggagrsn terhadap brand image coffee shop Le Travail tergolong sangat rendah dengan pengaruh sebesar 15,8%. Adanya dimensi lain pada E-WOM dapat memiliki potensi pengaruh yang lebih besar dibandingkan dimensi concern for other consumers.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-WOM, concern for other consumers, brand image
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 28 Nov 2023 20:58
Last Modified: 28 Nov 2023 20:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item View Item