Peran Partnership Associate PT Cerdas Digital Nusantara dalam Membangun Hubungan Baik dengan Para Pengajar Lepas Kursus Kartu Prakerja

BUDIPRAJITNO, GRACIELLA (2023) Peran Partnership Associate PT Cerdas Digital Nusantara dalam Membangun Hubungan Baik dengan Para Pengajar Lepas Kursus Kartu Prakerja. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GRACIELLA BUDIPRAJITNO)
190906883 - 0.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906883 - 1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906883 - 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
190906883 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
190906883 - 4.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

PT Cerdas Digital Nusantara atau yang juga disebut Cakap adalah perusahaan startup yang didirikan pada tahun 2013 dan menyediakan platform upskilling. Salah satu program upskill yang bekerja sama dengan pemerintah adalah kursus Kartu Prakerja di mana Cakap menjadi lembaga penyedia kelas. Di dalam menyediakan kelas, Cakap membutuhkan para pengajar yang berkompeten dan berkomitmen dalam mengajar. Cakap menyebut para pengajar ini dengan mitra yang merupakan pengajar harian lepas yang merupakan pihak eksternal dan dibayar berdasarkan jam mengajarnya. Bukan hal yang mudah bagi Cakap untuk membuat para Pengajar Harian Lepas ini tetap berkomitmen mengajar di program ini. Oleh karena itu, Cakap memiliki divisi yang dikhususkan untuk menjaga hubungan baik dengan para Pengajar Harian Lepas. Divisi ini disebut dengan Partnership Associate. Di dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian studi kasus dengan wawancara mendalam dipilih untuk menganalisis peran Partnership Associate Prakerja Cakap dengan menitikberatkan pada pengalaman seorang Partnership Associate dalam membangun hubungan baik dengan para Pengajar Harian Lepas. Penelitian ini dilakukan secara daring melalui media sosial Google Meet dan Zoom pada bulan Mei 2023 dengan subjek penelitian anggota divisi Partnership Associate Prakerja Cakap. Setelah melakukan penelitian, ditemukan data bahwa Partnership Associate Prakerja Cakap menjalankan peran Public Relations sebagai fasilitator komunikasi yang sumber informasi, penghubung, dan mediator antara partner dan perusahaan. Divisi ini berfungsi sebagai public affairs, lobbying, dan manajemen isu dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp, Email, Google Meet, dan Zoom. Meskipun tidak terhindar dari berbagai tantangan dan masalah, namun divisi ini melakukan berbagai usaha supaya hubungan antara kedua aktor tetap baik seperti komunikasi impersonal dan pengiriman hampers.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Partnership Associate, Komunikasi, Stakeholder eksternal
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2023 17:19
Last Modified: 29 Nov 2023 17:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30674

Actions (login required)

View Item View Item