Implementasi Strategi Komunikasi Forum Generasi Berencana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Mencegah Kasus Pernikahan Usia Anak

WIBOWO, YIPTA ARI (2023) Implementasi Strategi Komunikasi Forum Generasi Berencana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Mencegah Kasus Pernikahan Usia Anak. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YIPTA ARI WIBOWO)
190906885 - 0.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906885 - 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906885 - 2.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
190906885 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img]
Preview
Text
190906885 - 4.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih tingginya angka pernikahan usia anak yang terjadi di Provinsi D.I.Yogyakarta. Permasalahan penelitian difokuskan pada implementasi strategi komunikasi Forum Generasi Berencana Provinsi D.I.Yogykarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara serta menelaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan strategi yang digunakan Forum Generasi Berencana Provinsi D.I.Yogyakarta untuk mencegah kasus pernikahan usia anak menggunakan teknik informatif, edukatif dan persuasif yang diimplementasikan pada program kerja dengan disusun melalui tahap penentuan tujuan komunikasi, segmentasi khalayak, penyusunan dan penyampaian pesan, pemilihan media dan peranan komunikator. Dalam penelitian ini ditemukan metode penyampaian pesan Forum Generasi Berencana Provinsi D.I.Yogyakarta bersifat one side issue dengan mengedepankan metode penyampaian pesan secara redundancy dan canalizing serta membagi segmentasi khalayak menjadi dua yakni kelompok pendukung aktif dan kelompok berpotensi untuk perubahan yang difokuskan kepada remaja. Selanjutnya program dilaksanakan melalui sosialisasi dan penyebaran informasi melalui berbagai media. Sosialisasi tentang pernikahan usia anak melalui program pendewasaan usia perkawinan, workshop Modul Tentang Kita serta penggunaan aplikasi Elektronik siap nikah dan hamil. Penyebarluasan pesan dengan media cetak serta internet melalui konten Instagram dan Tiktok sebagai upaya penyebaran pesan mengajak masyarakat terkhusus remaja di Provinsi D.I.Yogyakarta menghindari kasus pernikahan usia anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Forum Generasi Berencana, Pernikahan Usia Anak
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2023 17:58
Last Modified: 29 Nov 2023 17:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30678

Actions (login required)

View Item View Item