i Analisis Kualitas Layanan Aplikasi AJAIB Berdasarkan Perspektif Pengguna Masyarakat Yogyakarta Menggunakan Metode Servqual

Grant, Johannes (2023) i Analisis Kualitas Layanan Aplikasi AJAIB Berdasarkan Perspektif Pengguna Masyarakat Yogyakarta Menggunakan Metode Servqual. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Johannes Grant)
171709553_Bab 0.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709553_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709553_Bab 2.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
171709553_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
171709553_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171709553_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ajaib merupakan aplikasi yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk melakukan transaksi investasi secara daring. Saat ini belum diketahui sejauh mana kualitas layanan yang telah diberikan terhadap perspektif pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dari layanan yang ada pada aplikasi ajaib dengan menggunakan setiap indikator yang ada di variabel metode servqual dan juga memberikan rekomendasi terhadap hasil yang didapatkan untuk meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi ajaib. Jumlah responden yang digunakan adalah 100 responden yang pernah menggunakan aplikasi ajaib dan dijawab menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode servqual yang memiliki lima variabel yaitu, reliability, emphaty, tangible, assurance, dan responsiveness yang memiliki indikator berjumlah 22 butir yang dimuat dalam 22 butir pertanyaan kuesioner. Hasil dari pengujian ini yaitu analisis gap tiap indikator yang menunjukkan bahwa keseluruhan layanan belum memberikan kualitas layanan yang memenuhi ekspektasi dari pengguna dikarenakan gap yang dihasilkan bernilai negatif atau tingkat ekspektasi lebih tinggi dari persepsi pengguna. Variabel tangible memiliki gap yang paling jauh dari kelima variabel. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna dari aplikasi ajaib menginginkan desain dan fitur secara keseluruhan yang lebih baik namun belum dapat terpenuhi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; servqual; aplikasi
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2023 18:00
Last Modified: 29 Nov 2023 18:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item View Item