ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN SISTEM SONGKET (SISTEM OPERASI PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TERPADU) BERBASIS WEBGIS MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL

Siregar, Stefanus Hans Hatigoran (2023) ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN SISTEM SONGKET (SISTEM OPERASI PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN TERPADU) BERBASIS WEBGIS MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stefanus Hans Hatigoran Siregar)
171709571_Bab 0.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709571_Bab 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709571_Bab 2.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
171709571_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
171709571_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
171709571_Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membangun sistem yang bernama SONGKET (Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu) dimana untuk melakukan penerapan E-Government. SONGKET dibangun untuk melakukan pencegahan mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada kurun waktu dari tahun 2015-2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaiman kualitas layanan yang diberikan oleh SONGKET selama kurun waktu 2 tahun sejak dibangunnya sistem tersebut. Dengan menggunakan metode E-Govqual untuk menentukan atribut-atribut yang sesuai dengan apa yang sistem berikan. Terdapat 6 dimensi dan 26 atribut E-Govqual dalam penelitian terhadap sistem SONGKET. Penggunaan Importance Performance Analysis (IPA) juga diterapkan agar mengetahui atribut mana yang menjadi prioritas utama perbaikan. Data pengguna yang didapatkan dari Dinas Kehutanan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Sumatera Selatan untuk melakukan penyebaran kuesioner adalah sebesar81 responden. Hasil yang di dapatkan yaitu terdapat nilai kesenjangan (gap) pada setiap atribut dan dimensi yang teliti dengan nilai yang di dapatkan yaitu -0.29 dimana apabila gap ≤ 0 maka kinerja dari layanan SONGKET masih belum dapat memenuhi harapan pengguna. Lalu, di dapatkan nilai tingkat kesesuaian (TKi) sebesar 93.45% dimana apabila nilai TKi < 100% maka pengguna masih merasa belum puas akan kinerja layanan. Dari pengelompokkan kuadran, IPA memprioritaskan pada kuadran I dimana terdapat 5 atribut dengan prioritas utama perbaikan yaitu T1 (ketersediaan data yang terdapat di dalam website terjamin validitasnya), T2 (hak akses yang diberikan oleh website kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan), T3 (data yang dihadirkan oleh website sesuai dengan kebutuhan pengguna), R1 (layanan yang ada di dalam website sudah tepat waktu), dan CS3 (tersedia peringatan (disclaimer) yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan website) dimana atribut tersebut menjadi prioritas utama untuk pihak SONGKET melakukan perbaikan karena tingkat kepuasan pengguna masih sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SONGKET, E-Government, kualitas layanan, E-Govqual, Importance Performance Analysis
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2023 18:10
Last Modified: 29 Nov 2023 18:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

View Item View Item