PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP TINGKAT BRAND LOYALTY KONSUMEN MARGARIA BATIK (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Pengikut Instagram @Margariabatik.Id)

NUGROHO, GITA LARASATI (2023) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP TINGKAT BRAND LOYALTY KONSUMEN MARGARIA BATIK (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Pengikut Instagram @Margariabatik.Id). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GITA LARASATI NUGROHO)
190906907 - 0.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906907 - 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906907 - 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190906907 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
190906907 - 4.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Brand image atau citra merek dan brand loyalty atau loyalitas konsumen terhadap merek merupakan aspek penting yang harus dibangun dan dipertahankan oleh sebuah brand atau perusahaan. Schiffman & Kanuk (2004 h. 180) menyatakan Brand Image atau Citra Merek yang positif dapat mempengaruhi konsumen untuk menjadi loyal terhadap brand tersebut. Berdasarkan penilaian konsumen yang didapatkan melalui ulasan dan rating google pada seluruh cabang toko, Margaria Batik mendapatkan bintang 4,6 dari 5. Berbagai komentar dan ulasan diberikan oleh pengunjung dan konsumen, baik positif maupun negatif. Salah satu komentar negatif datang dari konsumen Margaria Batik menyatakan bahwa sesungguhnya batik dari Margaria Batik bagus namun pelayanan yang diberikan sangat buruk, dimana saat sedang memilih dan membeli, lampu toko dimatikan seperti tidak membutuhkan pelanggan. Komentar negatif lain yakni Margaria batik memiliki toko yang bagus namun banyak barang atau produk yang tidak tersedia, padahal ingin membeli banyak dengan ukuran bervariasi. Ulasan negatif tersebut dapat mempengaruhi Brand Image dari Margaria Batik dan Loyalitas Konsumen. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, brand image dan brand loyalty dalam mengetahui dan menjelaskan pengaruh brand image Margaria Batik yang berkaitan dengan permasalahan penelitian berupa pengalaman buruk konsumen atas pelayanan yang diberikan serta ketidaklengkapan produk dari Margaria Batik terhadap tingkat brand loyalty konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kuantitatif eksplanatif dengan responden penelitian sebanyak 100 yang merupakan konsumen sekaligus pengikut Instagram @margariabatik.id dengan menjawab kuesioner yang dibagikan melalui fitur direct message pada Instagram. Selanjutnya, data diolah menggunakan teknik uji regresi linier sederhana dengan aplikasi SPSS versi 28. Hasil penelitian menyatakan bahwa responden menilai margaria batik memiliki brand image yang kurang baik dan tingkat brand loyalty konsumen dalam kategori tingkat sedang. Hal ini dipengaruhi oleh segenap persepsi, keyakinan dan penilaian konsumen atas pengalaman buruk yang didapatkan melalui pelayanan Margaria Batik yang mengecewakan konsumen sehingga mempengaruhi perilaku konsumen untuk berpaling dan lebih memilih brand batik lain menjadi pilihan utama dalam membeli produk batik. Variabel Brand image Margaria Batik memiliki kontribusi terhadap tingkat Brand Loyalty konsumen Margaria Batik sebesar 36,7%. Kontribusi ini termasuk dalam kategori kuat dan signifikan terhadap hubungan dan pengaruh antara brand image dan Tingkat brand Loyalty konsumen. Hasil penelitian juga telah menjawab hipotesis 1 yakni ada pengaruh brand Image margaria batik terhadap Tingkat Brand Loyalty Konsumen Margaria Batik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Tingkat Brand Loyalty Konsumen, Margaria Batik
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 17:42
Last Modified: 30 Nov 2023 17:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item