PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TASYA FARASYA TERHADAP BRAND IMAGE MOTHER OF PEARL (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Brand Mother of Pearl di Tengah Kasus Tasya Farasya)

SALIM, SHERRIN (2023) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TASYA FARASYA TERHADAP BRAND IMAGE MOTHER OF PEARL (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Brand Mother of Pearl di Tengah Kasus Tasya Farasya). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SHERRIN SALIM)
190906934 - 0.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906934 - 1.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906934 - 2.pdf

Download (973kB) | Preview
[img] Text
190906934 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190906934 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pekerjaan yang lekat dengan audiens membuat setiap tindakan influencer menarik perhatian dan komentar yang baik maupun buruk dari audiens. TasyaFarasya merupakan salah satu influencer lokal yang tengah mendapatkan banyakkomentar buruk pasca kasus dengan Tasyi Athasyia. Di tengah kasus tersebut, Tasya merilis produk kosmetik dari brand kecantikan yang dimilikinya, yakni Mother of Pearl. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kredibilitas influencer Tasya Farasya terhadap brand image Mother of Pearl pada followersInstagram @tasyafarasya. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kuantitatif denganmetode survei. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada100 responden. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan dari variabel kredibilitas influencer dan brand image dengan teori kredibilitas sumber sebagai acuan pembahasan. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan dan pengaruh darikredibilitas influencer Tasya Farasya dan brand image Mother of Pearl dengan koefisien korelasi yang kuat. Kredibilitas influencer Tasya Farasya mampu mendeterminasi brand image Mother of Pearl sebesar 49,3%. Penelitian ini jugamendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 sehinggaH1 penelitian ini diterima. Followers Tasya Farasya didominasi oleh perempuan dengan rentang usia 17-25 tahun dan 26-35 tahun. Followers memandang TasyaFarasya sebagai influencer yang berkredibilitas tinggi dan Mother of Pearl sebagaibrand yang memiliki brand image baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Kredibilitas Influencer, Kredibilitas Sumber
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 20:22
Last Modified: 30 Nov 2023 20:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30719

Actions (login required)

View Item View Item