PENGALAMAN PENGUNJUNG DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pengalaman Pengunjung Dalam Penggunaan Teknologi Virtual Reality di Golden Bioskop VR Malioboro Yogyakarta)

PASKAHRANI, CANDHIK AYU (2023) PENGALAMAN PENGUNJUNG DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pengalaman Pengunjung Dalam Penggunaan Teknologi Virtual Reality di Golden Bioskop VR Malioboro Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CANDHIK AYU PASKAHRANI)
190906971 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906971 - 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906971 - 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
190906971 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190906971 - 4.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Virtual reality menjadi salah satu dari perkembangan teknologi yang mampu memberikan pengalaman pada pengguna untuk dapat masuk kedalam dua dunia yang berbeda, yaitu dunia nyata dan dunia visual. Golden Bioskop VR Malioboro merupakan bisnis yang memberikan fasilitas teknologi virtual reality kepada para pengunjung. Malioboro sendiri adalah salah satu lokasi atau tempat wisata yang selalu ramai akan pengunjung, baik wisatawan lokal, luar daerah, hingga turis. Namun rata-rata pengunjung dari Golden Bioskop VR Malioboro ini adalah wisatawan luar kota dan walaupun lokasi yang strategis, tujuan awal dari Golden Bioskop VR Malioboro adalah untuk mengenalkan teknologi virtual reality ini, sehingga tidak hanya kalangan tertentu yang dapat menikmati canggihnya teknologi virtual reality. Konsep yang dibentuk oleh Golden Bioskop VR Malioboro ini adalah berupa film pendek yang memiliki rasa atau vibes berbeda-beda, sehingga pengunjung atau pengguna dapat merasakan atau mendapatkan reaksi yang nantinya juga akan berbeda-beda dari setiap filmnya. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung yang menarik, dengan hanya berdiri di lokasi pengunjung dapat merasakan bepergian ke berbagai tempat. Pengalaman yang didapatkan oleh setiap pengunjung pastinya akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui penelitian ini peneliti bertujuan untuk dapat mengetahui pengalaman pengunjung dalam penggunaan teknologi virtual reality (VR) di Golden Bioskop VR Malioboro. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa Golden Bioskop VR Malioboro berhasil dapat memberikan kesempatan pengunjung dalam merasakan sensasinya menggunakan teknologi virtual reality. Alat pendukung yang disediakan oleh Golden Bioskop VR Malioboro, seperti sound, kursi goyang (walker), dan alat virtual reality itu sendiri yang sangat membantu dalam memberikan sensasinya seolah-olah nyata. Melalui penggunaan teknologi di Golden Bioskop VR Malioboro ini, juga dapat memberikan interaksi yang terjadi antara pengguna dan penonton. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa, dengan adanya teknologi virtual reality yang berkonsep film ini juga mampu memberikan daya tarik kepada pengunjung Malioboro yang melewati depan lokasi Golden Bioskop VR Malioboro. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknologi virtual reality di Golden Bioskop VR Malioboro ini dapat memberikan pengalaman yang mengesankan, serta dapat mempengaruhi tubuh pengguna dalam memberikan reaksi yang diterima pada saat menggunakan virtual reality.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pengunjung, Virtual Reality, Interaksi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 21:48
Last Modified: 30 Nov 2023 21:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30724

Actions (login required)

View Item View Item