PENGARUH KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OREO (Survei pada Anggota Group Facebook Blackpink Indonesia)

AGUSTA, RADIKUS DAVID (2023) PENGARUH KARAKTERISTIK BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OREO (Survei pada Anggota Group Facebook Blackpink Indonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RADIKUS DAVID AGUSTA)
190907019 - 0.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907019 - 1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907019 - 2.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
190907019 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
190907019 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai strategi dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah penggunaan brand ambassador. Oreo menggandeng Blackpink sebagai brand ambassador mereka, melihat dari jumlah insight Instagram Oreo Indonesia yang sangat meningkat ketika melakukan kolaborasi bersama Blackpink, Peneliti ingin menguji pengaruh karakteristik brand ambassador Blackpink terhadap tingkat keputusan pembelian produk Oreo (survei pada anggota group Facebook Blackpink Indonesia) dengan menggunakan teori SOR (Stimulus Organisme Response). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden yang mayoritas perempuan dan berusia 21-25 tahun. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa karakteristik brand ambassador Blackpink berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat keputusan pembelian produk Oreo (survei pada anggota group Facebook Blackpink Indonesia) sebesar 39.8%, artinya apabila karakteristik brand ambassador Blackpink meningkat, maka tingkat keputusan pembelian produk Oreo juga meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SOR, Brand Ambassador, Blackpink, Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 15:47
Last Modified: 01 Dec 2023 15:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item