ANALISIS RESEPSI AUDIENS MENGENAI PERTEMANAN ANGGOTA KOMUNITAS SUPORTER SEPAK BOLA DALAM FILM “THE FIRM”

SANY, ANTHONY BRYAN VERNICO (2023) ANALISIS RESEPSI AUDIENS MENGENAI PERTEMANAN ANGGOTA KOMUNITAS SUPORTER SEPAK BOLA DALAM FILM “THE FIRM”. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANTHONY BRYAN VERNICO SANY)
190907078 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907078 - 1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907078 - 2.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
190907078 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
190907078 - 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Supporter umumnya berkumpul bersama untuk menyalurkan dukungannya adalah dengan memberikan nyanyian, kritikan, dan doa untuk klub kebanggaannya. Melihat dari sudut pandang positif dalam lingkar suporter sepak bola adalah dengan intensitas pertemuan yang semakin sering maka timbul sifat loyalitas serta solidaritas yang tinggi antar sesama supporter sehingga bisa memajukan dunia industri sepak bola. Namun sayangnya jika dilihat dari sudut pandang negatif, perkumpulan ini biasanya juga menimbulkan berbagai kerusuhan ataupun perkelahian antar lawan supporter. Berangkat dari keresahan ini penelitian ini ingin melihat sisi baik dari suporter sepak bola itu sendiri, dimana melihat pertemanan pada anggota komunitas sepak bola. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana resepsi audiens mengenai pertemanan anggota komunitas suporter sepak bola dalam film The Firm. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis resepsi Stuart Hall. Hasil dari penelitian ini. Isu yang paling menonjol dalam film ini adalah isu mengenai kekerasan hooliganisme dengan latar belakang London pada tahun 80-an. Pembuat teks memperlihatkan sudut pandangnya tentang hal ini, bahwa sejatinya yang ingin diangkat adalah terkait kebersamaan, kesetiakawanan dan kekeluargaan yang tercipta dari suatu komunitas, yang mana diharapkan juga dapat ditangkap dengan cara yang sama oleh audiens. Penelitian ini menemukan bahwa kode-kode dominan yang disampaikan dalam film tidak selalu dibaca dengan cara dominan (preferred reading) oleh konsumen teks. Posisi decoding konsumen teks, yang dalam penelitian ini adalah suporter sepak bola, dikelompokkan ke dalam dua garis besar pembaca yakni pembaca dominan dan negosiasi (negotiated reading).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Suporter sepak bola, resepsi audiens, The Firm, encoding, decoding
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 21:21
Last Modified: 01 Dec 2023 21:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30759

Actions (login required)

View Item View Item