PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN IKM TEMPE MURNI FATISHA

Prasta, Otniel De (2023) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN IKM TEMPE MURNI FATISHA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Otniel De Prasta)
190610156_Bab 0.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610156_Bab 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610156_Bab 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
190610156_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
190610156_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
190610156_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
190610156_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190610156_Bab 7.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

xi INTISARI Industri Kecil Menengah (IKM) Tempe Fatisha menghasilkan produk tempe murni dari bahan baku kedelai impor yang sedang mengalami penurunan penjualan menjadi kapasitas produksi sebesar 40 kg kedelai per hari dari kapasitas produksi 90 kg kedelai per hari. Penurunan penjualan disebabkan oleh persaingan antar penjual tempe yang semakin ramai, terbatasnya sumber daya dan pemasaran, serta kenaikan harga kedelai impor namun pemilik memiliki standar produk yang tinggi. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan penjualan objek dengan strategi tanpa menambah biaya operasional. Strategi peningkatan penjualan diteliti menggunakan metode Business Canvas Model (BCM) sebagai penilai kinerja objek dengan dibandingkan pada kompetitor unggulan menggunakan Benchmarking untuk selanjutnya dilakukan tahap pencocokan menggunakan analisi SWOT untuk menemukan hubungan antara kondisi objek dan opsi strategis yang mungkin cocok. Tahapan keputusan strategi terpilih menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam memilih strategi peningkatan penjualan. Strategi peningkatan penjualan terpilih berdasarkan hasil AHP yaitu perluasan pasar menggunakan kerja sama dengan pihak penyalur. Berdasarkan hasil implementasi kerja sama dengan 4 (empat) pihak penyalur yang bersedia di lokasi area antara lokasi produksi dan pemasaran Tempe Fatisha, rata-rata penjualan produk tempe per hari yaitu 27,25 bungkus tempe dengan persentase peningkatan penjualan sebesar 21,8% dengan sistem konsinyasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, business canvas model, swot, analytical hierarchy process
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2023 18:06
Last Modified: 13 Dec 2023 18:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item