PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ROL FILM LOKAL DI TOMO FILM

Christo, Rafael Pandu (2023) PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ROL FILM LOKAL DI TOMO FILM. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rafael Pandu Christo)
190610216_Bab 0.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610216_Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610216_Bab 2.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
190610216_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
190610216_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
190610216_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
190610216_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
190610216_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190610216_Bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
190610216_Bab 9.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Tomo Film adalah suatu badan usaha yang menjual segala jenis keperluan untuk dunia fotografi analog, yang berdomisili di Yogyakarta. Dengan kata lain, jika seseorang membutuhkan rol film, sangat tepat sekali untuk mengunjungi Tomo Film. Sistem pengadaan rol film di Tomo Film sendiri, terdiri dari 2 sumber, yaitu dari luar negeri (impor) dan dari dalam negeri (lokal). Sumber utama, adalah rol film impor. Namun untuk mendatangkan rol film impor berlebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen, hanya bisa dilakukan pada kuartal ganjil (1 dan 3) saja. Hal tersebut yang menyebabkan penjualan pada masing-masing kuartal tiap tahunnya tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan rol film lokal. Tahap awal dengan menggunakan perhitungan product life cycle untuk mengetahui badan usaha ini berada di kurva decline di kurva PLC. Selanjutnya adalah dengan menggunakan metode AHP untuk mendapatkan hasil prioritas solusi dari permasalahan tersebut. Dengan strategi pemasaran yang terpilih berupa Pop Up Store dengan stok rol film lokal yang berlebih, dengan menggunakan landasan acara adalah berdasarkan kuesioner yang disebarkan ke 100 responden anggota Komunitas Kamera Analog Yogyakarta (ANALOG). Berdasarkan strategi pemasaran yang terpilih, dilakukan implementasi berupa Pop Up Store yang sudah dilaksanakan selama 2 hari, dengan hasil penjualan rol film lokal yang meningkat sebanyak 39 rol film lokal dengan persentase kenaikan sebesar 32,42%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, analisis product life cycle, analytical hierarchy process
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Dec 2023 20:15
Last Modified: 13 Dec 2023 20:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30853

Actions (login required)

View Item View Item