STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA PANGSIT MIE TERAS

Winoto, Valencia Christabel (2023) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA PANGSIT MIE TERAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Valencia Christabel Winoto)
190610277_Bab 0.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610277_Bab 1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610277_Bab 2.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
190610277_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text
190610277_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
190610277_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
190610277_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
190610277_Bab 7.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Kesuksesan suatu usaha bisa dinilai dari kenaikan jumlah keuntungan, salah satu cara agar keuntungan bisa naik adalah dengan cara meningkatkan jumlah penjualan. Usaha yang penulis teliti adalah Pangsit Mie Teras. Pangsit Mie Teras mengalami penjualan yang stagnan pada Januari 2022-April 2023. Pemilik usaha Pangsit Mie Teras ingin mengevaluasi usaha nya agar bisa menaikan penjualan. Akar masalah didapatkan dengan menggunakan metode 5 whys dan mendapatkan hasil bahwa Pangsit Mie Teras kurang melakukan inovasi dan diferensiasi. Untuk memenuhi tujuan Pangsit Mie Teras yang ingin meningkatkan penjualannya, penulis berinisiatif untuk membuat strategi pemasaran yang tepat dengan beberapa metode. Strategi dibuat dengan mempertimbangkan budget, waktu, tempat, dan juga kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan. Setelah dilakukan pertimbangan strategi tersebut disusun dan diimplementasikan. Penulis memakai beberapa strategi untuk mendapat strategi pemasaran yang sesuai, seperti matriks BCG, matriks anshoff, product life cycle, marketing mix, analisis SWOT Implementasi dari rancangan solusi yang telah dibuat adalah menambah variasi menu makanan pada Pangsit Mie Teras dan mengaktifkan Pangsit Mie Teras di aplikasi online makanan yaitu shopeefood. Hasil implementasi pada Pangsit Mie Teras yang dilakukan pada tanggal 1 Mei - 30 Juni 2023 dibuktikan pada data ini penjualan Pangsit Mie Teras naik 7,7% pada bulan pertama menjadi 709 mangkok perbulan dan 12,9% pada bulan kedua menjadi 743 mangkok perbulan dari yang sebelumnya diperoleh rata-rata penjualan bulan Januari 2022 - April 2023 yaitu sebesar 658,5 mangkok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Penjualan, Penjualan yang Stagnan, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Dec 2023 21:21
Last Modified: 15 Dec 2023 21:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30879

Actions (login required)

View Item View Item