PERANCANGAN PRODUK SOUVENIR BERBAHAN DASAR KAYU PADA IKM SOUVENIR BOROBUDUR

Krisjayista, Silvester Wega Etta (2023) PERANCANGAN PRODUK SOUVENIR BERBAHAN DASAR KAYU PADA IKM SOUVENIR BOROBUDUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Silvester Wega Etta Krisjayista)
190610339_Bab 0.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610339_Bab 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610339_Bab 2.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
190610339_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
190610339_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
190610339_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
190610339_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190610339_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
190610339_Bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
190610339_Bab 9.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IKM Souvenir Borobudur merupakan salah satu usaha mikro sektor indsutri manufaktur yang baru akan memulai usahanya. IKM Souvenir Borobudur yang berada di Desa Borobudur ini bergerak di bawah bimbingan yayasan ATSANTI. Berdasarkan hasil observasi dan penelusuran akar masalah, belum adanya konsep dari produk souvenir yang ingin dibuat sehingga membuat adanya kebutuhan desain produk souvenir yang mampu menarik minat konsumen di desa Borobudur untuk membeli produk souvenir. Belum ada konsep desain produk souvenir disebabkan karena memang baru akan memulai bisnis, mahalnya mesin produksi, tidak mengetahui produk yang harus diproduksi, dan tidak mengetahui keinginan konsumen, kurangnya pendidikan dan skill yang dimiliki masyarakat Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep produk souvenir dengan memiliki 4 desain. Dari keempat desain tersebut 2 desain untuk fitur portrait dan 2 desain untuk fitur landscape yang berciri khas dan mampu menarik minat beli konsumen. Masalah belum adanya konsep desain produk souvenir yang ingin dibuat ini menandakan perlu adanya riset untuk mengetahui suatu konsep desain produk souvenir yang disukai konsumen. Metode riset pasar akan digunakan dalam penelitian ini secara bertahap hingga dapat menentukan atribut atau karakteristik dari produk souvenir yang diinginkan konsumen. Setelah mendapatkan atribut preferensi konsumen selanjutnya pada tahap perancangan produk souvenir menggunakan metode Quality Function Deployment. Metode Quality Function Deployment digunakan untuk merancang produk souvenir berdasarkan preferensi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini menghasilkan 4 desain produk souvenir dengan 2 desain untuk fitur portrait dan 2 desain untuk fitur landscape. Hasil perancangan produk souvenir telah sesuai dengan Voice Of Customer seperti desain bertema Candi Borobudur, ukuran sedang (portrait 6cm x 4cm dan landscape 7cm x 5cm), berbentuk persegi panjang, berfungsi sebagai gantungan kunci, dan berbahan dasar kayu. Selain itu, hasil riset minat beli konsumen itu sebesar 76,3% responden menerima atau berminat untuk membeli souvenir dengan harga Rp 5.000,00. Berdasarkan hasil ini tahap implementasi yang dilakukan selama penelitian diketahui bahwa perancangan produk souvenir pada IKM Souvenir Borobudur berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: souvenir, perancangan produk, quality function deployment, riset pasar
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Dec 2023 17:25
Last Modified: 18 Dec 2023 17:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30883

Actions (login required)

View Item View Item