PERANCANGAN DAN IMPELEMENTASI WEBSITE PT D&W INTERNASIONAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN EKSPOR DI NEGARA TIONGKOK DAN RUSIA

Widiantoro, Andreas Gede Wahyu Kristian (2023) PERANCANGAN DAN IMPELEMENTASI WEBSITE PT D&W INTERNASIONAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN EKSPOR DI NEGARA TIONGKOK DAN RUSIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Andreas Gede Wahyu Kristian Widiantoro)
190610384_Bab 0.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610384_Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610384_Bab 2.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
190610384_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
190610384_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
190610384_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
190610384_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190610384_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190610384_Bab 8.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

PT. D&W Internasional merupakan produsen, eksportir dan kontraktor lansekap untuk beberapa produk batu alam. Berdasarkan wawancara dengan Stakeholders (Staff Digital Marketing, Staff IT Sistem, Manajer Marketing dan Managing Director), diketahui terdapat sejumlah permasalahan. Setelah dilakukan pemetaan masalah, ditemukan beberapa masalah utama yaitu sistem perusahaan yang berjalan berdasarkan input manual, kesulitan dalam pencarian produk perusahaan di internet, produk perusahaan tidak dikenali di negara negara besar seperti Tiongkok dan Rusia, serta sedikitnya jumlah transaksi produk perusahaan di kedua negara tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan Website untuk negara Tiongkok dan Rusia agar dapat meningkatkan jumlah pemesanan dari kedua negara tersebut serta meningkatkan brand awareness produk perusahaan. Karena alternatif solusi yang lainnya seperti pemanfaatan media sosial tidak dapat dilakukan. Perancangan Website untuk negara Tiongkok dan Rusia bisa menggunakan beberapa metode System Development Life Cycle (SDLC), seperti model Waterfall, model Prototype, model Rapid Application Development (RAD), dan model Agile. Untuk metode dalam peningkatan brand awareness bisa menggunakan content marketing, social media marketing dan optimasi SEO (Search Engine Optimization) Website. Setelah melakukan analisis objektif, maka model Agile terpilih sebagai metode perancangan Website dan optimasi SEO terpilih sebagai metode peningkatan brand awareness produk perusahaan. Tahap pertama dalam metode ini adalah identifkasi kebutuhan konsumen dengan melakukan penyebaran kuesioner serta identifikasi kebutuhan Website terkait domain dan hosting yang digunakan. Tahap kedua adalah tahapan design yang terdiri dari pembuatan use case diagram, activity diagram, perancangan halaman Website, instalasi plugin dan pembuatan artikel. Terakhir adalah implementasi teknik optimasi SEO untuk meningkatan brand awareness produk perusahaan di negara Tiongkok dan Rusia Hasil perancangan Website negara Tingkok dan Rusia sudah memenuhi nilai yang ditetapkan yaitu peningkatan jumlah permintaan pesanan sebesar 100% dari tahun 2022 untuk negara Tiongkok dan peningkatan jumlah permintaan pesanan sebesar 83% dari tahun 2022 untuk negara Rusia. Untuk brand awareness terlihat sudah terdapat repeat order dengan menggunakan related search keyword di negara Tiongkok dan Rusia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Website, Brand Awareness, Search Engine Optimization, System Development Life Cycle, Agile
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Dec 2023 18:10
Last Modified: 18 Dec 2023 18:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item