PENGARUH KUALITAS PESAN KONTEN PADA AKUN INSTAGRAM @TUJUAN.ID TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kualitas Pesan Konten @tujuan.id Dalam Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tujuan Cafe Melalui Brand Image)

FREDDYANTO, MICHELLE ANGELA (2023) PENGARUH KUALITAS PESAN KONTEN PADA AKUN INSTAGRAM @TUJUAN.ID TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Kualitas Pesan Konten @tujuan.id Dalam Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tujuan Cafe Melalui Brand Image). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MICHELLE ANGELA FREDDYANTO)
19 090 6980 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 090 6980 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 090 6980 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19 090 6980 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
19 090 6980 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan platform Media Sosial Instagram menjadi suatu popularitas di era digital saat ini. Seiring berjalannya waktu, Instagram berkembang menjadi media dalam melakukan aktivitas marketing. Salah satu pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu media dalam aktivitas marketing yaitu Tujuan Cafe, dengan akun nya yaitu @tujuan.id. Aktivitas marketing @tujuan.id yaitu dengan menunjukkan berbagai citra serta produk penjualan yang disuguhkan melalui pesan konten yang diunggah. Aktivitas marketing tersebut dilakukan tidak hanya berhenti untuk memunculkan awareness melainkan juga sampai pada hal loyalitas. Hanya saja @tujuan.id kurang mengetahui apakah konten yang disuguhkan dengan strategi yang telah dijalankan sudah sesuai dengan kebutuhan khalayak sehingga dapat menghantarkan khalayak sampai pada munculnya loyalitas. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pesan konten @tujuan.id terhadap loyalitas konsumen melalui brand image. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online dalam bentuk gform. Kuesioner tersebut dibagikan kepada responden yang telah ditentukan dalam penelitian ini dimana merupakan followers dari akun @tujuan.id. Responden yang digunakan yaitu berjumlah 105 followers. Setelah pengumpulan data dilakukan lalu dilanjutkan dengan pengolahan data yang dilakukan melalui aplikasi SPSS. Hasil pengolahan data akan dianalisis dengan menggunakan regresi berganda serta regresi sederhana. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan data, menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pesan konten Instagram @tujuan.id terhadap loyalitas konsumen melalui brand image. Kualitas pesan konten Instagram @tujuan.id berpengaruh sangat kuat terhadap loyalitas konsumen dengan koefisien 1,188 pada kualitas pesan dan 1,132 pada citra merek. Dengan teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori Stimulus respon dan teori Jarum Hipodermik yang digambarkan dalam H4 sebagai hipotesis. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini dapat membuktikan H4 tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas pesan, konten instagram, citra merek, loyalitas konsumen
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Feb 2024 18:29
Last Modified: 07 Feb 2024 18:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30974

Actions (login required)

View Item View Item