DAMPAK PERILAKU TRASH-TALKING PADA GAME-ONLINE TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI REMAJA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemain Game-online di SMPN 1 Banjar)

HARGOPUTRI, YESSICA VIENESSA (2024) DAMPAK PERILAKU TRASH-TALKING PADA GAME-ONLINE TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI REMAJA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemain Game-online di SMPN 1 Banjar). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YESSICA VIENESSA HARGOPUTRI)
170906172 0.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906172 1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906172 2.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
170906172 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
170906172 4.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya pemain game online ketika pasca pandemi Covid-19 di Indonesia menimbulkan dampak positif seperti peningkatan konsentrasi dan sebagai sarana hiburan, namun selain itu game online juga menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan dan trash-talking. Trash-talking merupakan komunikasi yang bertujuan untuk mengintimidasi dan menjatuhkan mental lawan dengan kalimat dan kata yang memiliki makna negatif. Perilaku ini berpotensi merugikan secara emosional dan etika. Penelitian ini melibatkan siswa SMPN 1 Banjar yang berperilaku trash-talking ketika bermain game online untuk memahami lebih lanjut dampak trash-talking pada game online terhadap etika komunikasi remaja menggunakan teori komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara secara mendalam kepada siswa-siswi SMPN 1 Banjar yang sering melakukan trash-talking ketika sedang bermain game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan terjadinya trash-talking yang dilakukan oleh pemain game online remaja dan mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan dari perilaku trash-talking pada game online terhadap etika komunikasi remaja. Berdasarkan hasil penelitian, penyebab terjadinya trash-talking pada game online yang dilakukan oleh remaja adalah rasa kesal dan emosi ketika sedang bermain game. Perilaku tersebut ditimbulkan akibat adanya komunikasi interpersonal yang terjadi diantara pelaku dengan teman-temannya yang berdampak pada perilaku pelaku. Hal itulah yang kemudian berdampak kepada etika komunikasi remaja. Perilaku trash-talking ketika bermain game online tersebut menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari dalam berkomunikasi yang membuat pemain game online di SMPN 1 Banjar kurang memerhatikan etika komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Etika Komunikasi, Trash-talking, Game Online
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Feb 2024 19:35
Last Modified: 07 Feb 2024 19:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item View Item