PENGARUH KEHADIRAN SOSIAL LIVE STREAMER DAN ATRIBUT HARGA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA PERDAGANGAN LIVE STREAMING

Miranda, Galuh Laksita (2023) PENGARUH KEHADIRAN SOSIAL LIVE STREAMER DAN ATRIBUT HARGA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA PERDAGANGAN LIVE STREAMING. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Galuh Laksita Miranda)
225027019_Bab 0.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225027019_Bab 1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225027019_Bab 2.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
225027019_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
225027019_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
225027019_Bab 5.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Berbelanja online sudah menjadi perilaku yang banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat. Dengan manfaat yang ditawarkan seperti kemudahan, kecepatan dan harga yang lebih murah. Banyak e-commerce yang berusaha melakukan pengembangan agar meningkatkan perilaku pembelian impulsif pada masyarakat. Salah satu model perdagangan yang baru saat ini adalah perdagangan live streaming yang berbentuk multimedia. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kehadiran sosial live streamer dan atribut harga terhadap perilaku pembelian impulsif di perdagangan live streaming khususnya pada produk kecantikan yang sedang tren di generasi Y dan Z. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kehadiran sosial live streamer, atribut harga, kecenderungan pembelian impulsif dan perilaku pembelian impulsif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability dengan pendekatan purposive sampling dan jumlah sampel yang didapat sebanyak 310 responden yang merupakan pemirsa generasi Y (orang dengan kelahiran di tahun 1982-1994) dan generasi Z (orang dengan kelahiran di tahun 1995-2010) yang pernah menonton dan membeli produk kecantikan pada perdagangan live streaming maksimal 3 bulan yang lalu. Alat analisis yang digunakan yaitu SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square). Hasil analisis data dengan level of confidence 95% menunjukkan bahwa kehadiran sosial live streamer berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan pembelian impulsif dan perilaku pembelian impulsif karena mampu memberikan perhatian agar pemirsa tetap menonton akibat presentasi atau demonstrasi produk yang dilakukan. Begitu juga dengan atribut harga yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kecenderungan pembelian impulsif dan perilaku pembelian impulsif karena menimbulkan pemikiran penghematan akibat adanya potongan harga untuk membeli produk kecantikan diluar list belanja atau secara hedonis. Dalam penelitian ini ditemukan juga kecenderungan pembelian impulsif memediasi pengaruh kehadiran sosial live streamer dan atribut harga terhadap perilaku pembelian impulsif dengan kategori mediasi komplementer.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: live streaming, kehadiran sosial live streamer, atribut harga, kecenderungan pembelian impulsif, perilaku pembelian impulsif
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 16:04
Last Modified: 13 Feb 2024 16:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31019

Actions (login required)

View Item View Item