TYPES OF BRAND ASSOCIATION BRAND IMAGE GOJEK DENGAN BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR PERIODE 2022 PADA FOLLOWERS @GOJEKINDONESIA

DEWI, ELISABET SURYA (2023) TYPES OF BRAND ASSOCIATION BRAND IMAGE GOJEK DENGAN BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR PERIODE 2022 PADA FOLLOWERS @GOJEKINDONESIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ELISABET SURYA DEWI)
180906645 0.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906645 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906645 2.pdf

Download (835kB) | Preview
[img] Text
180906645 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
180906645 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran mempunyai peran yang esensial dalam penciptaan ekuitas merek yang positif (Shimp, 2003, h. 15). Brand image merupakan sebuah konsep penting yang ada dalam kerangka ekuitas merek berbasis perspektif konsumen karena dapat menciptakan brand equity. Types of brand association mengklasifikasikan asosiasi merek yang ada dalam benak konsumen kedalam tiga kategori utama yang cakupannya semakin meningkat dan kemudian dapat dikaitkan dengan sebuah merek sebagai bagian dari brand image. Pada tahun 2022 Gojek sebagai sebuah perusahaan unggul dibidang transportasi online menggandeng BTS sebagai brand ambassador. Penggunaan artis asal Korea Selatan tersebut menjadi yang pertama kali dilakukan dalam ranah bisnis transportasi online di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui brand image Gojek dengan BTS sebagai brand ambassador pada akun instagram @gojekindonesia. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori komunikasi pemasaran dan brand image guna melihat bagaimana brand image Gojek dengan BTS sebagai brand ambassador. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodologi penelitian yaitu metode survei. Penelitian ini berisi analisis data dari 100 responden yang sesuai dengan jumlah perhitungan purposive sampling dan kriteria responden yang sudah ditentukan. Kemudian data dianalisis dengan distribusi frekuensi dan nilai mean. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Nilai mean dari masing-masing dimensi yaitu atribut, manfaat dan sikap diperoleh dari perhitungan nilai mean per item yang dijumlahkan kemudian dibagi dengan banyaknya data. Hasil menunjukkan nilai mean masing-masing dimensi di atas angka 3 yang masuk pada kategori tinggi karena berada diantara interval 3.01 – 4.00. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa Gojek dengan BTS sebagai brand ambassador periode 2022 berhasil memiliki types of brand association brand image pada followers @gojekindonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Gojek, Komunikasi Pemasaran, Types Of Brand Association
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 13 Feb 2024 19:50
Last Modified: 13 Feb 2024 19:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31027

Actions (login required)

View Item View Item