Strategi Komunikasi Interpersonal Sales Person Dalam Melakukan Penjualan Mobil di PT Nasmoco Bahtera Motor (Toyota Nasmoco Mlati) (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada produk mobil Toyota di PT Nasmoco Bahtera Motor)

BAWUNA, ALICIA YOLANDA (2023) Strategi Komunikasi Interpersonal Sales Person Dalam Melakukan Penjualan Mobil di PT Nasmoco Bahtera Motor (Toyota Nasmoco Mlati) (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada produk mobil Toyota di PT Nasmoco Bahtera Motor). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ALICIA YOLANDA BAWUNA)
190906835 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906835 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906835 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
190906835 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
190906835 4.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Perkembangan jumlah penduduk yang pesat sejalan dengan kemajuan teknologi mempengaruhi aktivitas manusia sehari – hari. Transportasi sebagai sarana penting dalam rutinitas, terdampak oleh kemajuan ini. Alat transportasi memfasilitasi mobilitas masyarakat, memungkinkan mereka beraktivitas dengan efisien. Fenomena ini berdampak pada industri otomotif Indonesia. Dalam konteks ini, Boy Kelana Subroto (Head of Corporate Communication Astra International) menegaskan bahwa pasar otomotif Indonesia tetap menjanjikan karena potensi pasar yang besar. Dorongan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat Indonesia memperkuat permintaan akan kendaraan, terutama karena penetrasi pasar masih relatif rendah dibandingkan negara tetangga. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat kenaikan penjualan mobil pada tahun 2022 dan proyeksi penjualan pada awal tahun 2023 menunjukkan kenaikan yang signifikan. Faktor seperti mudik dan kenaikan ekonomi mempengaruhi minat masyarakat terhadap kepemilikan mobil. Toyota terbukti menjadi merek yang diminati dengan penjualan tinggi, baik dalam skala nasional maupun global. Meningkatnya permintaan ini menjadi peluang bagi perusahaan otomotif, termasuk PT Nasmoco Bahtera Motor, cabang Toyota di Indonesia. Selain aspek komersial, komunikasi interpersonal memainkan peran penting dalam penjualan. Sales person yang terampil dalam berkomunikasi memiliki kemampuan persuasi yang kuat dan membangun hubungan baik dengan konsumen. Hal ini menjadi fokus penelitian untuk membahas strategi komunikasi interpersonal dalam penjualan produk mobil Toyota di PT Nasmoco Bahtera Motor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui penelitian ini peneliti bertujuan untuk dapat mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh sales person PT Nasmoco Bahtera Motor dalam melakukan penjualan produk mobil Toyota kepada konsumen . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sales person di PT. Nasmoco Bahtera Motor menggunakan berbagai cara komunikasi untuk menarik konsumen, seperti melalui pameran, konten media sosial, dan promosi secara langsung. Para sales person melakukan training, menjaga hubungan baik, dan menunjukkan empati kepada konsumen agar menarik konsumen melakukan pembelian unit mobil. Kemampuan komunikasi interpersonal yang ramah dan hangat dari sales person membantu dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Toyota di PT Nasmoco Bahtera Motor, tidak hanya dengan konsumen tetapi juga dalam kerjasama dengan pihak leasing untuk memperlancar transaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Interpersonal, Sales Person, Penjualan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2024 20:44
Last Modified: 16 Feb 2024 20:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31075

Actions (login required)

View Item View Item