AGUSTA, AGATHA CAROLINA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUSINESS TO BUSINESS YOGYAKARTA MARRIOTT HOTEL SEBAGAI HOTEL MICE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (AGATHA CAROLINA AGUSTA)
190906869 0.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
190906869 1.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
190906869 2.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
190906869 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190906869 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta Marriott Hotel, dibuka pada Oktober 2017, secara aktif berfokus pada industri pariwisata MICE di Yogyakarta, dengan fasilitas dan strategi komunikasi pemasaran yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan MICE. Penelitian ini memilih Yogyakarta Marriott Hotel sebagai objek penelitian karena telah menjadi tuan rumah berbagai acara besar, menandakan posisinya sebagai hotel MICE unggul di Provinsi DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dipilih adalah studi kasus, dengan melakukan wawancara mendalam dan studi dokumen untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran business to business Yogyakarta Marriott Hotel sebagai hotel MICE. Penelitian ini dilaksanakan secara hybrid melibatkan tatap muka dan komunikasi melalui email pada bulan November 2023 dengan subjek penelitian berupa anggota Departemen Penjualan, Komunikasi Pemasaran, dan Pemasaran Digital Yogyakarta Marriott Hotel. Penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi B2B hotel ini dirancang melalui empat tahapan: identifikasi target audiens, perencanaan pengembangan pesan, menentukan objektif komunikasi, dan pemilihan media yang tepat. Meskipun tahapan lainnya dijalankan optimal, identifikasi target audiens tidak mendalam, menghambat pembuatan strategi pemasaran yang spesifik. Ini dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi pemasaran. Penerapan strategi melibatkan media cetak dan digital, dengan pendekatan rasional dan emosional untuk memberikan pengalaman menyeluruh kepada target audiens. Hotel ini menerapkan semua elemen komunikasi pemasaran menurut Clow & Baack (2022), meskipun terdapat implementasi elemen pemasaran alternatif yang kurang sesuai dalam konteks B2B, seperti kolaborasi dengan Key Opinion Leaders (KOL) yang tidak relevan. Implementasi elemen komunikasi pemasaran menonjolkan aspek emosional dan persuasif, menunjukkan kolaborasi antara rasional dan emosional sebagai langkah tepat dalam komunikasi pemasaran B2B yang efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Komunikasi Pemasaran B2B, MICE, Hotel |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 18:47 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 18:47 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31095 |
Actions (login required)
View Item |