PENERAPAN PRINSIP EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA MELALUI CARA E-PURCHASING DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Bahi, Yohanes Baptista Adrian (2023) PENERAPAN PRINSIP EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA MELALUI CARA E-PURCHASING DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yohanes Baptista Adrian Bahi)
200513797 0.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200513797 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
200513797 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
200513797 3.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Internet adalah jaringan fisik yang menghubungkan komputer di seluruh dunia, terdiri dari berbagai infrastruktur jaringan yang saling berhubungan. Semakin berkembangnya internet membuka berbagai peluang bisnis baru. Konsep penggunaan internet untuk bertransaksi sering disebut sebagai e-marketing, dan keunggulan utamanya adalah efisiensi dan efektivitas. Efisiensi dan Efektivitas merupakan bagian dari prinsip pengadaan dan harus dicapai dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah. Dengan diterbitkan nya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dan diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021, pemerintah mulai mengadaptasi pemasaran elektronik dalam proses pengadaan barang/jasa. Istilah yang muncul dalam Peraturan Presiden ini adalah e-purchasing yaitu proses pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip efektivitas dan efisiensi dalam Pengadaan Barang/Jasa melalui cara e-purchasing di Pemerintah Kota Yogyakarta, kendala-kendala yang dihadapi, dan upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menyatakan bahwa penerapan e-purchasing di Pemerintah Kota Yogyakarta sudah sesuai dengan Penerapan Prinsip Efektivitas dan Efisiensi Pengadaan Barang dan Jasa. Dalam penerapan e-purchasing terdapat beberapa kendala seperti kesulitan terkait informasi update dari pusat, kendala dari sisi penyedia dan OPD karena tidak membaca dan mempelajari sistemnya terlebih dahulu dan kendala mengenai ketersediaan produk yang masih belum tersedia dalam e-purchasing. Upaya yang dilakukan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota Yogyakarta adalah dengan membuka konsultasi gratis kepada penyedia barang/jasa maupun OPD dan menjadi narasumber yang langsung didatangkan oleh OPD untuk memberikan solusi/advice mengenai sistem e-purchasing. Serta mengkoordinasikan masalah sistem e-purchasing ini kepada LKPP RI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internet, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Efektivitas, Efisiensi, dan E-Purchasing
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:59
Last Modified: 21 Feb 2024 14:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31127

Actions (login required)

View Item View Item