PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA LIVE TIKTOK TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION PRODUK SKINTIFIC DAN THE ORIGINOTE

Napitupulu, Miaosian (2024) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA LIVE TIKTOK TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION PRODUK SKINTIFIC DAN THE ORIGINOTE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Miaosian Napitupulu)
170323506 0.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323506 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323506 2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
170323506 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
170323506 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
170323506 5.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya popularitas TikTok mendorong produsen kosmetik Skintific dan The Originote untuk menggunakan TikTok sebagai media pemasaran. Media TikTok memungkinkan terjadinya proses interaksi antara pembuat konten dan khalayak pengguna sehingga dapat menyebarkan informasi positif yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media TikTok dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Skintific dan The Originote. Dalam mengupas permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya untuk menemukan hubungan antara Electronic- Word of Mouth (E-WOM) yang dapat didefinisikan sebagai pernyataan baik negatif maupun positif yang dibuat oleh pengguna terhadap suatu produk di media daring dengan minat beli (purchase intention) sebagai dasar perilaku konsumen untuk membeli suatu benda. Dalam menemukan hubungan antara keduanya, penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Adapun penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara E-WOM di media TikTok dengan peningkatan minat beli masyarakat terhadap produk Skintific dan The Originote. Dalam kata lain, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pemasaran melalui TikTok berhasil meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk kedua merek kosmetik tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Purchase Intention, Marketing, Electronic-Word of Mouth, TikTok.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 01 Mar 2024 17:01
Last Modified: 01 Mar 2024 17:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31284

Actions (login required)

View Item View Item