Amara, Maria Meltinda (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN SAYURBOX PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Maria Meltinda Amara)
190907033 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
190907033 1.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
190907033 2.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text
190907033 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
190907033 4.pdf Download (375kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas pelaku usaha hingga saat ini semakin beragam. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, para pelaku usaha berlomba-lomba untuk memasarkan produknya tidak hanya melalui e-commerce, akan tetapi media sosial yang menjadi sarana untuk berkomunikasi dan berbagi informasi kini fungsinya telah berkembang salah satunya digunakan untuk berbisnis secara Online. Sejalan dengan perkembangan tersebut, fenomena toko online pun merambah hingga ke bidang bisnis pertanian. Salah satu startup di Indonesia yang bergerak di bidang pertanian digital dan menggunakan media sosial instagram untuk mempromosikan produknya, yaitu Sayurbox. Pada media sosial tersebut, Sayurbox memiliki followers terbanyak dibandingkan perusahaan sejenis lainya. Sayurbox juga memiliki berbagai prestasi salah satunya yakni memenangkan kompetisi Seedstarts Jakarta dan mendapat pendanaan hingga sekitar Rp28 miliar. Berkaitan dengan berbagai hal tersebut, peneliti tertarik untuk menganalisis lebih dalam terkait Implementasi komunikasi pemasaran apa yang digunakan Sayurbox dalam memanfaatkan media sosial Instagram tersebut. Melihat hal tersebut, adaptasi dan modifikasi dalam usaha yang dijalankan juga sangat penting, dengan begitu produk yang diciptakan dapat bersaing dan berbeda dengan pasar lainnya yang sudah ada. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara (Online), dan Dokumentasi agar data dan hasil yang diperoleh sesuai. Analisis data akan dilakukan dengan tahapan yang meliputi pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data, dan terakhir ditarik kesimpulan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk mengimplementasikan komunikasi pemasaran yang memanfaatkan media sosial seperti instagram, membantu mengevaluasi agar dapat mengembangkan dan meraih target lain yang belum tercapai oleh Sayurbox, serta menjadi inspirasi bagi perusahaan lain yang baru merintis dengan usaha yang sejenis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Aplikasi Instagram |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 15:24 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 15:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31327 |
Actions (login required)
View Item |