PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN CITRA MEREK SABUN LIFEBUOY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

ROMBEKILA, GLORIA EDWINA (2024) PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN CITRA MEREK SABUN LIFEBUOY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GLORIA EDWINA ROMBEKILA)
190907122 0.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907122 1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907122 2.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
190907122 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img]
Preview
Text
190907122 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan bisnis yang sangat pesat terutama dalam bisnis toiletris khususnya produk sabun di Indonesia menjadikan aspek pembeda pada suatu merek sangat perlu untuk diperhatikan oleh perusahaan. Citra merek merupakan aspek yang sangat penting untuk ditonjolkan oleh suatu merek agar dapat menarik perhatian calon konsumen, begitu pula dengan aspek perceived value. Kedua aspek ini memiliki peranan penting terhadap faktor keberhasilan persaingan antara merek-merek sabun lainnya. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh perceived value dan citra merek sabun Lifebuoy terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research yang memiliki tujuan untuk dapat mempelajari hubungan antara dua variabel atau lebih yang dapat menjelaskan alasan terjadinya suatu fenomena yang terikat di dalam hipotesis. Pada penelitian ini terdapat data primer dari proses penyebaran kuesioner secara online kepada 436 responden sesuai kriteria penelitian yang merupakan pengikut akun Instagram @lifebuoyid. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Person Product Moment untuk hubungan antar variabel penelitian serta menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y untuk menjawab hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil olah data penelitian ini, diketahui bawha terdapat pengaruh variabel perceived value terhadap keputusan pembelian konsumen yang signifikan dan positif sebesar 8,869, begitu pula dengan variabel citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen yang signifikan dan positif sebesar 10,679. Sehingga keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh perceived value dan citra merek suatu produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perceived Value, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Sabun Lifebuoy
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:59
Last Modified: 07 Mar 2024 19:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31385

Actions (login required)

View Item View Item