Wiratama, Fransiscus Raditya (2024) UPAYA DINAS PARIWISATA PROVINSI DIY MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA MELALUI PERANGKAT DIGITAL APLIKASI VISITING JOGJA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (FRANSISCUS RADITYA WIRATAMA)
171006220_Bab 0.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
171006220_Bab 1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
171006220_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
171006220_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
|
Text
171006220_Bab 4.pdf Download (383kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata DIY dengan tujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh dinas tersebut dalam memanfaatkan aplikasi "Visiting Jogja" sebagai alat promosi destinasi wisata, dan apa saja keunggulannya dalam membantu mempromosikan tempat destinasi wisata. Aplikasi "Visiting Jogja" menjadi suatu inovasi yang signifikan dalam upaya Dinas Pariwisata DIY untuk mempromosikan destinasi wisata di provinsi ini. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data menggunakan purposive sampling. Penelitian ini didasarkan pada konsep digital tourism oleh Edoardo Righini, yang mengacu pada pemanfaatan perangkat digital untuk mengatur, mengelola, dan meningkatkan pengalaman perjalanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata DIY telah melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan aplikasi "Visiting Jogja" sebagai alat efektif dalam promosi destinasi wisata. Upaya Dinas Pariwisata DIY juga aktif dalam meng- update konten dan promosi melalui platform media sosial. Sedangkan keunggulan perangkat digital tourism aplikasi Visiting Jogja dalam mempromosikan destinasi wisata di DIY yaitu memberikan infromasi lengkap tentang pariwisata yogyakarta, memberikan diskon kepada wisatawan, dan layanan reservasi yang terintegrasi, dan menyediakan layanan reservasi yan terintegrasi. Dengan demikian, aplikasi "Visiting Jogja" memiliki peran yang signifikan dalam mendukung upaya Dinas Pariwisata DIY dalam meningkatkan popularitas dan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi, promosi, digital, destinasi wisata |
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 17:46 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 17:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31419 |
Actions (login required)
View Item |