STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA WARISAN BUDAYA PADA PURO MANGKUNEGARAN SOLO

Putra, Yosafat Krisatya Herdyanto (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA WARISAN BUDAYA PADA PURO MANGKUNEGARAN SOLO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Yosafat Krisatya Herdyanto Putra)
191006878_Bab 0.pdf

Download (991kB)
[img] Text
191006878_Bab 1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
191006878_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
191006878_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
191006878_Bab 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

v ABSTRAK Puro Mangkunegaran merupakan Kadipaten yang mempunyai posisi dibawah Kasunanan Surakarta serta Kasultanan Yogyakarta. Sebagai kawasan cagar budaya serta kawasan pariwisata yang dilindungi oleh KEPPRES No. 32 Tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung, Puro Mangkunegaran posisinya menjadi salah satu pusat budaya Jawa yang berada di Kota Solo. Cagar budaya tersebut berdiri pada tahun 1757 setelah dilakukan persetujuan dan penandatanganan Perjanjian Salatiga antara Sunan Pakubuwana III dengan Raden Mas Said (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I) di Kota Salatiga yang disaksikan oleh perwakilan VOC dan Sultan Hamengkubuwana I. Perjanjian tersebut menjadi bukti bahwa berdirinya Mangkunegaran dipimpin oleh Raden Mas Said yang mempunyai gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara Senopati Ing Ayudha Sudibyaningprang. Penelitian ini dilakukan pada Puro Mangkunegaran Solo yang terletak pada Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Penelitian kualitatif dengan konsep strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan mempunyai tujuan untuk mengetahui apa saja hambatan dan permasalahan yang dihadapi oleh pihak Puro Mangkunegaran dalam rangka mengembangkan wisata warisan budaya, dan apa saja strategi yang digunakan dalam melakukan pengembangan pariwisata warisan budaya supaya berkelanjutan pada Puro Mangkunegaran Solo. Data dikumpulkan dengan metode observasi, studi pustaka, dan wawancara terhadap salah satu orang kepercayaan (tangan kanan) dari Puro Mangkunegaran dan abdi dalem istana yang dipercaya untuk memberikan jawaban dari pertanyaan wawancara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Wisata Warisan Budaya, Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism), Puro Mangkunegaran Solo, Pracima Tuin
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Mar 2024 18:20
Last Modified: 14 Mar 2024 18:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item