PENILAIAN MAHASISWA TENTANG KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELI MEREKA PADA PRODUK BODY CARE (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Simanjuntak, Charis Kezia (2023) PENILAIAN MAHASISWA TENTANG KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELI MEREKA PADA PRODUK BODY CARE (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Charis Kezia Simanjuntak)
191007095_Bab 0.pdf

Download (734kB)
[img] Text
191007095_Bab 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
191007095_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
191007095_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
191007095_Bab 4.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Penilaian Mahasiswa Tentang Kredibilitas Celebrity Endorser Berhubungan dengan Minat Beli Mereka pada Produk Body Care atau tidak. Konsep yang digunakan pada penelitian ini ialah penilaian kredibilitas celebrity endorser dan minat beli. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Karena dalam hal ini peneliti ingin mengetahui hubungan kedua variabel tersebut dalam bentuk statistik. Subjek penelitian yang ditentukan ialah para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik jurusan Ilmu Komunikasi dan Sosiologi dari angkatan 2017 – 2022 yang berjumlah 95 mahasiswa sebagai sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan memanfaatkan aplikasi Google Form, dengan total keseluruhan yakni sebanyak 21 butir pernyataan. Data yang didapatkan kemudian diinput dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS. Kemudian untuk uji yang digunakan ialah uji korelasi dengan menggunakan teknik Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan keseluruhan dari total nilai rata-rata tingkat penilaian kredibilitas celebrity endorser diketahui bahwa penilaian responden sebanyak 4,00, yang berarti bahwa penilaian responden pada tingkat penilaian kredibilitas celebrity endorser tergolong tinggi. Begitu pula dengan keseluruhan dari total nilai rata-rata tingkat minat beli diketahui bahwa penilaian responden sebanyak 4,17, yang berarti penilaian responden pada tingkat minat beli tergolong tinggi. Selanjutnya diketahui terdapat hubungan yang signifikan serta tinggi antara penilaian kredibilitas celebrity endorser dengan minat beli. Hal ini dibuktikan melalui data hasil perhitungan dari nilai pearson correlation yang didapatkan yakni sebesar 0,642, yang juga menyatakan bahwa nilai tersebut masuk ke dalam kategori hubungan yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Mar 2024 15:47
Last Modified: 15 Mar 2024 15:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item