PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PKBI DIY) DALAM MERESPON LAPORAN KASUS PELECEHAN SEKSUAL MELALUI LAYANAN KONSELING

Permana, Yeremias Lintang (2024) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL OLEH PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PKBI DIY) DALAM MERESPON LAPORAN KASUS PELECEHAN SEKSUAL MELALUI LAYANAN KONSELING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Yeremias Lintang Permana)
191007126_Bab 0.pdf

Download (936kB)
[img] Text
191007126_Bab 1.pdf

Download (575kB)
[img] Text
191007126_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
191007126_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
191007126_Bab 4.pdf

Download (733kB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelecehan seksual merupakan sebuah fenomena yang masih sering terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi yang kian pesat turut memunculkan beragam fenomena pelecehan seksual yang semakin tinggi hingga menjadi perhatian di media massa. Angka pelecehan seksual lekat terjadi di kalangan remaja yang ditandai dari berbagai perilaku yang mana mampu memberikan dampak jangka panjang bagi para korbannya. Terkait hal ini, sekarang terdapat beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdiri untuk menangani dan menyediakan layanan bagi para korban pelecehan seksual. Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Daerah Isitimewa Yogyakarta (PKBI DIY) merupakan salah satu lembaga yang menggunakan media sosial dalam menangani laporan kasus pelecehan seksual di Kota Yogyakarta. Adapun cara yang digunakan dalam menangani kasus pelecehan seksual dilakukan dengan proses konseling antara korban dan konselor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana PKBI DIY menggunakan media sosial dalam menangani laporan kasus pelecehan seksual, serta bagaimana proses konseling yang dilakukan atas laporan kasus pelecehan seksual melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teori media sosial yang mencakup tiga karakteristrik analisis, yaitu interaksi, jaringan, informasi dan penyebaran serta teori konseling individu yang terdiri dari tahap awal, tahap inti dan tahap tindakan dengan metode kualitatif deksriptif. Adapun dalam penelitian ini dibutuhkan tahap pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara bersama tiga narasumber yaitu, dua orang dari pihak tim media serta satu orang dari pihak konselor. Hasil penelitian yang diperoleh menujukan bahwa (1) PKBI DIY menggunakan media sosial dalam menangani laporan kasus pelecehan seksual dan (2) PKBI DIY menyediakan layanan konseling online melalui DM Instagram serta Hotline WhatsApp untuk dapat memudahkan masyarakat dalam melaporkan kasus pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Layanan Konseling Online, Pelecehan Seksual, PKBI DIY
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Mar 2024 15:53
Last Modified: 15 Mar 2024 15:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31437

Actions (login required)

View Item View Item