Nadia P, Leah Jasmine (2024) STRATEGI TOKO KELONTONG DI JALAN KALIURANG KM.05 MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR DENGAN MINIMARKET (INDOMARET DAN ALFAMART). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Leah Jasmine Nadia P)
191007132_Bab 0.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
191007132_Bab 1.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
191007132_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
191007132_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
|
Text
191007132_Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuai bagaimana strategi yang dilakukan oleh pedagang toko kelontong di jalan Kaliurang km. 05 dalam menghadapi persaingan dengan minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Toko kelontong mengalami penurunan sejak 2017, terdapat 4,5 juta gerai pada tahun 2017 dan berkurang menjadi 3,6 juta gerai pada tahun 2021. Sementara itu, ritel modern mengalami kebalikan dari tren tersebut. Jumlah minimarket di Indonesia meningkat dari 31.488 gerai pada tahun 2017 menjadi 38.323 gerai pada tahun 2021. Data-data di atas menunjukan bahwa setiap tahunnya jumlah gerai Alfamart dan Indomaret terus bertambah. Jumlah minimarket yang semakin bertambah menyebabkan persaingan yang cukup ketat antara toko klontong dan minimarket (Indomaret dan Alfamart). Karena itulah peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh toko kelontong untuk bertahan dari persaingannya dengan Indoamret dan Alfamart. Penelitian ini menggunakan konsep strategi persaingan bisnis menurut Swastha (2002). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses wawancara dilakukan secara langsung di toko informan. Terdapat 6 pemilik toko kelontong di sekitaran jalan Kaliurang KM. 5 yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Persaingan yang dirasakan oleh pedagang toko kelontong karena adanya indomaret dan alfamart adalah pada aspek produk, harga, layanan, dan fasilitas. Pada aspek produk persaingan yang dirasakan yaitu kelengkapan produk, variasi, stok, dan sistem penjualan. Pada aspek harga yaitu perbedaan harga, kepastian harga (apakah tetap atau cepat naik turun), promo/diskon dan penulisan harga. Pada aspek layanan yaitu keramahan pedagang, kecepatan pelayanan, dan sistem pembayaran. Pada aspek fasilitas yaitu luas bangunan dan tempat parkir. Strategi yang dilakukan pada aspek produk yaitu mencatat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen; menyesuaikan kebutuhan pasar; menjual Produk Eceran. Pada aspek harga yaitu Harga yang lebih murah dibandingkan dengan Indomaret dan Alfamart; Penawaran Harga yang Menarik. Pada aspek layanan yaitu Membangun hubungan baik dengan konsumen; Menambahkan fitur pembayaran berupa Qris. Pada aspek fasilitas yaitu pelayanan yang cepat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Persaingan, Toko Kelontong, Minimarket |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 16:24 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 16:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31438 |
Actions (login required)
View Item |