PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN BANGUNAN AIR BENDUNG TIRTOREJO KOTA YOGYAKARTA)

Frassetio, Kelvin (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : PERANCANGAN BANGUNAN AIR BENDUNG TIRTOREJO KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kelvin Frassetio)
170216780_Bab 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216780_Bab 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216780_Bab 2.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
170216780_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
170216780_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
170216780_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
170216780_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perancangan pada sebuah proyek konstruksi merupakan salah satu aspek terpenting yang tidak dapat dilewatkan. Melalui perancangan konstruksi mereka dapat menentukan metode apa saja yang lebih efektif dan efisien. Para lulusan teknik sipil wajib dibekali mengenai pengetahuan dasar perancangan agar nantinya lulusan teknik sipil mampu menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada sebuah proyek konstruksi. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta praktik perancangan sendiri dibagi menjadi 4 jenis yaitu Praktik Perancangan Bangunan Gedung (PPBG), Praktik Perancangan Bangunan Air (PPBA), Praktik Perancangan Jalan (PPJ), dan Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu (PPBW). Metode penelitian pada PPBG adalah analisis data berdasarkan data yang sudah ditentukan oleh dosen pembimbing. Gedung yang akan dirancang merupakan gedung 5 lantai dengan fungsi sebagai tempat perkantoran di kota Yogyakarta. Perhitungan pada PPBG ini meliputi perhitungan atap, perencanaan kuda-kuda. balok, kolom, pelat, perhitungan tangga, pondasi dan perhitungan beban gempa pada kota Yogyakarta. PPBA bendung yang dievaluasi merupakan bendung Tirtorejo, di Dusun Grembayangan, Yogyakarta. Data curah hujan diambil dari 5 stasiun yang berada di DAS Kali Opak. Perhitungan PPBA direncanakan tujuannya agar dapat memenuhi syarat aman terhadap geser, guling, angkat, rembesan dan gempa. Metode yang dilakukan pada PPJ yaitu metode survey, ada macam survey yang dilakukan, yaitu survey pejalan kaki dan kecepatan pejalan kaki, survey volume kendaraan, survey kecepatan kendaraan, survey parkir on-road survey parkir off-road, survey pelanggaran rambu lalu lintas dan survey kerusakan jalan. Setiap survey yang dilakukan berada di kota Yogyakarta. Pada PPBW akan menghitung perencanaan anggaran biaya serta estimasi waktu yang diperlukan pada suatu proyek konstruksi. Pada perencanaan kali ini akan menggunakan data proyek dari data pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jendral Soedirman yang terletak di Jalan Dr. Gumbreg, Purwokerto, Jawa Tengah. Nilai pekerjaan pada saat perencanaan adalah sebesar 6,99M. Hasil dari PPBG yaitu bangunan tersebut aman dari beban-beban atau gaya yang bekerja . Pada PPBA bendung tersebut aman terhadap gaya-gaya yang bekerja yaitu, gaya geser, gaya guling, gaya angkat, rembesan dan beban gempa. Pada PPJ yaitu mengetahui kelayakan tempat pejalan kaki,mengetahui kelayakan tempat parkir baik on- road maupun off-road mengetahui tingkat kesadaran akan rambu lalu lintas, mengenal jenis-jenis kerusakan jalan. Hasil dari PPBW berupa perhitungan volume pekerjaan, perhitungan estimasi biaya, pembuatan dan time schedule

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perancangan, bangunan, bendung, jalan, biaya, waktu
Subjects: Sipil > Hidro
Sipil > Hidro
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Mar 2024 17:58
Last Modified: 25 Mar 2024 17:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31488

Actions (login required)

View Item View Item