PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, TRANSPORTASI, KEAIRAN DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: MANAJEMEN KONSTRUKSI BIAYA DAN WAKTU PADA RUMAH 2 LANTAI SEDERHANA)

Budiman, Kheensky Revo (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, TRANSPORTASI, KEAIRAN DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: MANAJEMEN KONSTRUKSI BIAYA DAN WAKTU PADA RUMAH 2 LANTAI SEDERHANA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Keensky Revo Budiman)
170216849_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216849_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170216849_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170216849_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Infrastrukur merupakan factor yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat serta berperan dalam pembangunan dan kemajuan bangsa dalam berbagai bidang.. Tanpa penguatan infrastruktur yang masksimal dan merata, maka dapat menghambat laju pertumbuhan bangsa. Untuk mewujudkan infrastruktur yang diharapkan, diperlukan perencanaan dan perancangan yang baik oleh sumber daya manusia di bidang Teknik Sipil yang handal untuk berperan dalam pembangunan infrastruktur di Inodnesia. Calon lulusan Teknik sipil dipersiapkan untuk menjadi perencana, perancang, konstruktor dan manajer dari berbagai pekerjaan Teknik sipil. Praktik perancangan dan perencanaan bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana merancang bangunan Teknik sipil, yang terdiri dari praktik perancangan jalan, praktik perancangan bangunan air, praktik perancangan bangunan gedung dan praktik perencanaan biaya dan waktu. Praktik perancangan jalan ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dalam merancang jalan dengan tahapan-tahapan menentukan trase jalan, merancang alinemen horizontal dan vertical menghitung kelandaian melintang dari trase jalan, Metode yg digunakan adalah metode dari Bina Marga tahun 1997 tentang Perencanaan Geometrik Antar Kota. Praktik perancangan bangunan air dilakukan untuk merancang bendungan yang kokoh, lokasi di kawasan DAS sungai Progo, dengan tahapan-tahapan analisis wilayah di sekitar sungai Progo dan data curah hujan dengan metode Polygon Thiessen, menghitung debit maksimum dan debit andalan dengan metode Melchior, merancang desain komponen bendungan, serta analisis stabilitas gaya yang terjadi. Hasil perancangan tipe bendung lurus (badan bendung dari beton), tipe puncak bendung bulat, tinggi 2,4 m, menggunakan 3 pintu pembilas dengan lebar 12 m, lebar bendung 159 m. Stabilitas bendung aman. Praktik perancangan bangunan gedung dilakukan dengan merencanakan pelat lantai, pelat atap, balok, kolom, tulangan, menghitung beban dan gaya, analisis rancangan struktur dan gaya menggunakan aplikasi SAP 2000. Hasil perancangan yaitu lokasi bangunan di Jakarta, jenis konstruksi struktur beton bertulang, tebal pelat lantai dan atap 125 mm, luas penampang balok 350 x 400 mm2, tulangan yang digunakan pada balok 5 tulangan tumpuan dan 3 tulangan lapangan 19,1 mm serta sengkang 10 mm dengan jarak 17,5 cm, luas penampang kolom 550 x 550 mm2 Perencanaan biaya dan waktu dilakukan dengan dengan tahapan-tahapan yaitu menghitung volume setiap komponen dan kebutuhan barang, menentukan biaya upah dan harga bahan sesuai dengan AHSP, menentukan RAB serta membuat jadwal proyek menggunakan aplikasi Ms Project. Hasil perencanaan adalah RAB Rp 1.237.723.373. Durasi pengerjaan 221 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktik, Perancangan Jalan, Perancangan Bangunan Air, Perancangan Bangunan Gedung, Perencanaan Biaya dan Waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Apr 2024 19:52
Last Modified: 16 Apr 2024 19:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item