PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG DARI ASPEK PEMIPAAN DAN DRAINASE, DAMPAK LALU LINTAS, RAB DAN PENJADWALAN PROYEK (STUDI KASUS: HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO, D.I. YOGYAKARTA)

Mangape, Mahesa Putra and Tolongan, Jan Felix and Lambe', Lukas Efrianto (2022) PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG DARI ASPEK PEMIPAAN DAN DRAINASE, DAMPAK LALU LINTAS, RAB DAN PENJADWALAN PROYEK (STUDI KASUS: HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO, D.I. YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mahesa Putra Mangape, Jan Felix Tolongan dan Lukas Efrianto Lambe)
170217014 180217292 180217422_0.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217014 180217292 180217422_1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217014 180217292 180217422_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170217014 180217292 180217422_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170217014 180217292 180217422_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170217014 180217292 180217422_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan infrastruktur di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun, mulai dari infrastruktur sederhana hingga yang mewah. Untuk mendukung perkembangan infrastruktur di Indonesia, diperlukan pula Insinyur Sipil yang unggul dan berkompeten. Oleh karena itu dalam menunjang ilmu ketekniksipilan, Tugas Akhir di Universitas Atma Jaya Yogyakarta berupa perancangan infrastruktur dalam kasus ini proyek pembangunan Hotel Kapsul. Proyek ini terletak di Kawasan Aerotropolis Kulon Progo, Yogyakarta. Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur ini dibagi menjadi tiga aspek yaitu keairan, transportasi, serta manajemen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang berarti untuk menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada dibutuhkan pengumpulan data numerik (angka) seperti pada perencanaan plambing, data yang dikumpulkan berupa jumlah plambing dan luas tiap lantainya. Selanjutnya pada Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) data yang dikumpulkan berupa jumlah kendaraan, klasifikasi jenis kendaraan, dan pengamatan fasilitas jalan yang selanjutnya akan diolah dengan menggunakan MKJI dan untuk menentukan biaya dan durasi pekerjaan, perhitungan mengacu pada gambar kerja yang ada dan peraturan-peraturan yang berlaku. Perancangan dilakukan dengan menggunakan Software Microsoft Project. Hasil perancangan meliputi tiga aspek. Aspek pertama keairan, perancangan yang dilakukan adalah sistem penyediaan air bersih dan sistem drainase air hujan. Diperoleh, kebutuhan air bersih rata-rata per hari sebesar 63,8 m3/hari. Pipa yang digunakan untuk mengalirkan air bersih adalah pipa jenis PVC dengan diameter ¾”, 1”, 1¼”, 1½”, dan 2”. Kapasitas kebutuhan reservoir bawah diperoleh 21,267 m3 dengan dimensi: panjang 4 m, lebar 4 m, tinggi 1,65 m dan volume kebutuhan reservoir atas diperoleh 17,722 m3 dengan dimensi: panjang 4 m, lebar 4 m, tinggi 1,65 m. Kapasitas pompa yang digunakan untuk mengalirkan air dari reservoir bawah ke reservoir atas sebesar 2,68 kwatt. Untuk drainase diperlukan pipa horizontal sebanyak 3 buah dengan ukuran 4-inch dan pipa tegak 3 buah dengan ukuran 3 inch. Jumlah sumur resapan 9 buah dengan diameter 1 m dan kedalaman 6 m. Dimensi saluran drainase berbentuk trapesium dengan lebar atas 0,38 m, lebar alas 0,14 m, tinggi 0,12 m.Untuk yang aspek kedua transportasi, perancangan yang dilakukan adalah menganalisis dampak lalu lintas akibat pembangunan Hotel Kapsul pada ruas jalan depan Hotel Kapsul dan pada simpang yang berada dekat dengan Hotel Kapsul, serta menganalisis kebutuhan parkir. Diperoleh, derajat kejenuhan di ruas jalan Nasional III pada kondisi eksisting sebesar 0,5209, pada 5 tahun ke depan tanpa proyek derajat kejenuhan sebesar 0,6901, dan pada 5 tahun ke depan dengan proyek sebesar 0,7008. Derajat kejenuhan di simpang tiga 1 (YIA) pada kondisi eksisting sebesar 0,5717, pada 5 tahun ke depan tanpa proyek derajat kejenuhan sebesar 0,7574, dan pada 5 tahun ke depan dengan proyek sebesar 0,7690. Derajat kejenuhan di simpang tiga 2 (Hotel Kapsul) pada kondisi eksisting sebesar 0,6176, pada 5 tahun ke depan tanpa proyek derajat kejenuhan sebesar 0,8183, dan pada 5 tahun ke depan dengan proyek sebesar 0,8317. Kebutuhan fasilitas ruang parkir untuk sepeda motor diperlukan sebanyak 59 ruang parkir, dan untuk mobil penumpang sebanyak 29 ruang parkir. Untuk aspek yang terakhir aspek ketiga manajemen, hal yang ditinjau adalah estimasi biaya serta durasi yang dibutuhkan untuk pembangunan Hotel Kapsul ini. Perhitungan mengacu pada gambar kerja yang ada dan peraturan-peraturan yang berlaku. Perancangan dilakukan dengan menggunakan Software Microsoft Project. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh biaya yang dibutuhkan sebesar Rp19.172.010.512 atau Rp4.551.759 per m2 dan durasi pekerjaan selama 76 minggu atau 532 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, Hotel, Perancangan, Pemipaan, Drainase, Dampak Lalu Lintas, Parkir, Manajemen.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Hidro
Sipil > Hidro

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Apr 2024 17:51
Last Modified: 25 Apr 2024 17:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item