PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Perancangan Gedung Sekolah 3 Lantai di Kota Medan)

Yulius, . (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Perancangan Gedung Sekolah 3 Lantai di Kota Medan). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yulius)
170217036_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217036_Bab 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
170217036_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170217036_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam bidang infrastruktur pada praktiknya, seorang teknik sipil harus memiliki pengetahuan yang memadai dalam merancang, merencanakan, membangun dan merenovasi suatu infrastruktur baik dari aspek struktur, keairan, transportasi dan manajemen konstruksi. Tujuannya adalah untuk memberikan hasil perancangan yang aman dan nyaman. Dalam penyusunan laporan Tugas Akhir ini, penulis mengambil 4 topik yang akan dirangkum dalam laporan yaitu Perancangan Bidang Struktur, Perancangan Bidang Keairan, Perencanaan Bidang Transportasi dan Perencanaan Bidang Manajemen Biaya dan Waktu pada proyek konstruksi. Dalam tahapan pengerjaan, masing-masing topik perancangan memiliki metode yang berbeda-beda. Pada percancangan struktur yang didesain adalah bangunan 3 lantai. Fungsi bangunan sebagai Gedung Sekolah. Material rangka bangunan terbuat dari struktur beton dan rangka atap terbuat dari struktur baja. Perencanaan struktur Gedung mengacu kepada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku dalam SNI perencanaan gedung. Analisis struktur rencana atap dan tangga menggunakan software SAP2000 V20. Untuk perhitungan struktur pelat lantai, balok, kolom, pondasi dan sloof menggunakan bantuan software ETABS V20. Pada percancangan bidang keairan yang didesain adalah bangunan air dengan fungsi bangunan sebagai Bendung. Bendung tinjauan merupakan bendung Kamijoro. Perhitungan curah hujan rata-rata maksimum pada masing-masing stasiun hujan dengan metode Poligon Thiessen. Analisa frekuensi, perhitungan debit, penentuan dimensi bendung dan stabilitas keamanan bendung menggunakan Standar Perencanaan Irigasi Direktur Jenderal Pengairan Tentang Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama KP-02-2010. Pada perencanaan bidang transportasi yang direncanakan adalah perkerasan lentur jalan raya. Jalan yang menjadi tinjaun untuk memperoleh data kecepatan dan volume lalu lintas adalah jalan Kaliurang depan gardu induk PLN, Yogyakarta. Pengukuran panjang jalan yang akan diamati yaitu 50 m. Survey dilakukan selama 3 jam Hasil survey akan digunakan sebagai data untuk perencanaan perkerasan jalan lentur. Dalam perencanaan perkerasan lentur, perhitungan mengacu pada peraturan pada “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya” dengan metode Analisa Komponen Bina Marga 1987. Pada perencanaan bidang manajemen baiaya dan waktu yang direncanakan adalah estimasi biaya dan waktu pada proyek “Pembangunan Baru Puskesmas Nggoa Di Kabupaten Sumba Timur, NTT”. Perancangan meliputi perencanaan RAB dan penjadwalan waktu proyek. Perancangan menggunakan AHS SNI 2013 dan Daftar Harga Satuan Material Sumba 2019. Pada perancangan stuktur diperoleh hasil akhir perancangan atap berupa batang elemen kuda-kuda, batang profil gording dan diameter sagrod. Jumlah anak tangga yang direncanakan adalah 20 anak tangga dengan optrede 180 mm dengan sudut kemiringan tangga 30,96o. Tipe pelat yang digunakan adalah pelat atap dan pelat lantai. Direncanakan 6 tipe balok, 2 tipe kolom dan 2 tipe pondasi telapak. Pada perancangan bangunan air berupa bendung diperoleh desain bendung yang aman terhadap gaya-gaya yang bekerja pada bendung. Pada perencanaan transportasi diperoleh hasil kecepatan dan volume lalu lintas jalan dan tebal lapis perkerasan lentur jalan raya. Pada perencanaan manajemen biaya dan waktu diperoleh hasil estimasi biaya yang diperlukan untuk Pembangunan Baru Puskesmas Nggoa Di Kabupaten Sumba Timur, NTT adalah Rp. 7,029,690,887.12 termasuk PPN 10% dengan total durasi pengerjaan proyek pembangunan adalah 188 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan struktur gedung, Perancangan bendung, Perencanaan jalan raya, Perencanaan manajemen biaya dan waktu proyek
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur

Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Apr 2024 18:09
Last Modified: 29 Apr 2024 20:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item