TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR Perencanaan Anggaran Biaya dan Scheduling Pada Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan di Kota Purwokerto

Triono, Tio Jose Alvaro (2021) TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR Perencanaan Anggaran Biaya dan Scheduling Pada Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan di Kota Purwokerto. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Tio Jose Alvaro Triono)
170217092_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170217092_Bab 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
170217092_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170217092_Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia teknik sipil terdapat beberapa topik khusus diantaranya adalah struktur, keairan, manajemen konstruksi, transportasi, dan geoteknik. Pada penulisan tugas akhir ini topik struktur dan geoteknik memiliki keterkaitan pada perencanaan bangunan gedung. Direncanakan gedung 5 lantai di Kota Serang dengan menggunakan beton konvensional. Struktur didesain mengggunakan aplikasi etabs 9.7 dan sap2000 lalu dalam mendesain detail spesifikasi bangunan mengacu pada peraturan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku. Pondasi yang direncanakan adalah pondasi bore pile sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pada perancangan bagunan air difokuskan untuk topik keairan. Desain yang dilakukan adalah sebuah bendung tetap yang berada di daerah Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai yang digunakan adalah Sungai Progo. Data curah hujan yang digunakan adalah dari Stasiun Hujan Sapon, Seyegan, Badran, Gembongan, Kenteng, Kalibawang, dan Godean dengan data pada tahun 1993 - 2013. Pada topik transpotasi dilakukan survey jalan raya di salah satu jalan di kota Yogyakarta. Lokasi survei yang diambil adalah Jalan Letjen Suprapto, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Panjang jalan untuk survey adalah sejauh ± 100 meter, sedangkan untuk menghitung volume dan waktu tempuh adalah sepanjang 25 meter. Survei kondisi jalan dan perlengkapan jalan juga menjadi salah satu hal yang perlu ditinjau. Evaluasi dan perhitungan mengacu pada peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Pada topik manajemen konstruksi dilakukan perancangan biaya dan waktu pada proyek Gedung Fakultas Gizi Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman di Jl. Dr. Soeparno, Karangwangkal, Karang Bawang, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Purwokerto, Jawa Tengah. Dengan bantuan perangkat software seperti Microsoft excel dan Microsoft project membantu dalam perhitungan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) serta scheduling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Beton konvensional, Standar Nasional Indonesia (SNI), bendung tetap, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Rencana Anggaran dan Biaya (RAB).
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi

Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 May 2024 17:50
Last Modified: 02 May 2024 17:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item View Item