ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN APLIKASI ONLINE DATING BUMBLE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Manurung, Andreas Pranata (2024) ANALISIS FAKTOR PENERIMAAN APLIKASI ONLINE DATING BUMBLE DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Andreas Pranata Manurung)
191710392_Bab 0.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710392_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710392_Bab 2.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
191710392_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
191710392_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
191710392_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi, terlihat dari 191 juta pengguna media sosial di Indonesia pada Februari 2022, telah mengubah pola interaksi manusia. Media sosial menjadi wadah utama interaksi digital, mempengaruhi cara berkomunikasi dan merubah dinamika hubungan pribadi, termasuk kencan online. Fenomena ini juga menciptakan kecanduan interaksi digital, terutama melalui media sosial, yang mengubah signifikan pola komunikasi manusia. Kencan online, diperkenalkan pada 1995 oleh situs seperti match.com dan eHarmony, telah menjadi fenomena global dengan 8.000 situs pada tahun 2013 dan melibatkan 323,9 juta orang pada 2021, terpicu oleh kebutuhan isolasi selama pandemi COVID-19. Kesuksesan Bumble sebagai aplikasi kencan online terletak pada adopsi fitur dan teknologi inovatif sejak 2012, menyoroti peran kesederhanaan dan daya terima pengguna terhadap teknologi. Analisis dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) menunjukkan dua elemen krusial: persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Penelitian ini bertujuan memahami faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan berkelanjutan aplikasi Bumble, dengan batasan pada wilayah Indonesia dan pengguna individu. Harapannya, hasil studi ini dapat menjadi panduan untuk penelitian lebih lanjut serta memberikan kontribusi pada pengembangan aplikasi kencan online yang lebih baik. Kata Kunci : online dating, Bumble , SEM-PLS, TAM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 17 May 2024 15:02
Last Modified: 17 May 2024 15:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31670

Actions (login required)

View Item View Item