Yudadini, Gabriella Natassia (2024) PERBAIKAN PROSEDUR KERJA PADA PERUSAHAAN PENJUALAN TIKET KONSER ONLINE. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Gabriella Natassia Yudadin)
180609932_Bab 0.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
180609932_Bab 1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
180609932_Bab 2.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
180609932_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
180609932_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
180609932_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
Text
180609932_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
|
Text
180609932_Bab 7.pdf Download (794kB) | Preview |
Abstract
nline Shop Mata Kpop adalah online shop yang menjual produk berupa tiket online event, tiket konser Jakarta, serta lightstick. Ketiga produk tersebut memiliki permasalahannya masing-masing. Namun pada penelitian ini berfokus untuk menyelesaikan permasalahan produk online event khususnya online event NCT. Dari hasil perhitungan, dibutuhkan 22 pembeli untuk memenuhi biaya operasional online event. Namun, berdasarkan data penjualan Januari-Agustus 2023, hanya 1 dari 7 online event NCT yang sudah mencapai 26 pembeli, 6 online event lainnya belum mencapai 22 pembeli. Maka dari itu, Mata Kpop ingin melakukan peningkatan target penjualan menjadi 20 pembeli. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan usulan penyelesaian masalah target penjualan yang belum terpenuhi dengan harapan target penjualan dapat meningkat hingga 20 pembeli di online event yang akan datang serta memperhatikan kebutuhan pemilik, admin media sosial, dan pelanggan. Kriteria yang dipilih oleh Mata Kpop dalam pengembangan alternatif solusi dan metode ialah tidak membutuhkan biaya tambahan dan implementasi solusi tidak membutuhkan waktu yang lama. Solusi yang terpilih adalah perbaikan proses bisnis dengan metode BPI atau Business Process Improvement. BPI melakukan perubahan hanya terbatas di proses bisnis yang sedang diperbaiki sehingga perbaikan proses bisnis memerlukan waktu yang lebih singkat, serta biaya yang dikeluarkan cenderung lebih sedikit. Selain itu, evaluasi proses bisnis dibantu dengan metode FMEA untuk mengidentifikasi potensi kesalahan, efek kesalahan, dan penyebab kesalahan pada setiap proses di proses bisnis. Nantinya kesalahan pada proses bisnis akan dianalis menggunakan 12 tools streamlining Business Process Improvement. Solusi yang didapatkan dari evaluasi proses bisnis adalah pembuatan prosedur dan pembuatan template dari aktivitas membuat desain konten online event dan aktivitas mencari informasi kurs KRW, JPY, USD, serta harga jual online shop lain. Pembuatan template dengan bantuan website Canva dan Microsoft Excel. Target penjualan sebelum implementasi solusi adalah 20 pembeli. Dari hasil implementasi solusi didapatkan jumlah pembeli online event NCT sebanyak 29 pembeli. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 9 pembeli atau 45% dari target penjualan yang ingin dicapai pada awal penelitian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Target Penjualan, Sistem Kerja, Perbaikan Proses Bisnis, BPI (Business Process Improvement), FMEA, Prosedur Kerja, Template. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 21 May 2024 19:16 |
Last Modified: | 21 May 2024 19:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31691 |
Actions (login required)
View Item |