UPAYA RADIO DALAM MENYESUAIKAN PERUBAHAN PERILAKU KONSUMSI RADIO OLEH AUDIENS (STUDI KASUS RADIO RETJO BUNTUNG 99.4 FM DAN RADIO REPUBLIK INDONESIA YOGYAKARTA)

Oktavian, Dionisius Sandytama (2024) UPAYA RADIO DALAM MENYESUAIKAN PERUBAHAN PERILAKU KONSUMSI RADIO OLEH AUDIENS (STUDI KASUS RADIO RETJO BUNTUNG 99.4 FM DAN RADIO REPUBLIK INDONESIA YOGYAKARTA). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dionisius Sandytama Oktavian)
205503180_Bab 0.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205503180_Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205503180_Bab 2.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
205503180_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
205503180_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
205503180_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya yang dilakukan radio dalam menyesuaikan perubahan perilaku konsumsi radio oleh para audiens. Kehadiran berbagai perangkat teknologi terbaru membuat digitalisasi pada industri radio menjadi hal yang tidak terelakkan. Penelitian ini menetapkan dua stasiun radio, yaitu Radio Retjo Buntung (RB) 99.4 FM dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta, sebagai subjek penelitian. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan serta menganalisis permasalahan yang ditemukan. Penelitian kualitatif mengumpulkan data primer dan juga data sekunder. Data primer didapat melalui proses wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari riset dokumentasi. Sedangkan metode penelitian menggunakan studi kasus. Metode ini dapat mengungkap berbagai hal mendetail dan spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radio RB 99.4 FM dan LPP RRI Yogyakarta sama- sama melakukan transformasi digital serta penyesuaian konten dalam upaya beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumsi radio oleh audiens. Namun juga terdapat perbedaan di antara kedua stasiun radio dalam menyikapi fenomena itu, baik yang berkaitan dengan dunia digital maupun tidak. Perbedaan tersebut meliputi relasi dengan para audiens serta pemanfaatan platform digital yang beraneka ragam di antara keduanya, seperti Radio RB 99.4 FM memiliki TikTok sementara LPP RRI Yogyakarta tidak. Lalu LPP RRI Yogyakarta mempunyai aplikasi seluler, sedangkan Radio RB 99.4 FM tidak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perubahan, perilaku, konsumsi, radio, upaya, menyesuaikan, perkembangan
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 May 2024 20:51
Last Modified: 21 May 2024 20:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31700

Actions (login required)

View Item View Item