BENTUK DAN PROSES PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA DEPARTEMEN HUMAN RESOURCE AND DEVELOPMENT (HRD) PT. K-24 INDONESIA

Hutasoit, Toni Maldini (2024) BENTUK DAN PROSES PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA DEPARTEMEN HUMAN RESOURCE AND DEVELOPMENT (HRD) PT. K-24 INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Toni Maldini Hutasoit)
191007134_Bab 0.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191007134_Bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
191007134_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
191007134_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img]
Preview
Text
191007134_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sumber daya manusia menjadi isu yang penting untuk dituntaskan, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan data Kementrian Ketenagakerjaan pada tahun 2021 menunjukkan bahwa tingginya SDM tamatan Sekolah Dasar (SD) sebesar tiga puluh enam persen dan tamatan tingkat pendidikan diploma I/II/III atau lulusan universitas lebih rendah sebesar sepuluh koma dua lima persen. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan HRD di PT. K-24 Indonesia dan mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan HRD di PT. K-24 Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data bersumber dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu divisi HRD pada PT. K-24 Indonesia. Berdasarkan hasil temuan pertama, terdapat dua bentuk pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan HRD PT. K-24 Indonesia yaitu pengembangan ikatan kerja terdiri dari pemberian beasiswa pendidikan yang ditujukan kepada karyawan kantor dengan jabatan advance untuk meningkatkan kinerja karyawan sebagai pemimpin dan training ditujukan kepada seluruh karyawan dengan fokus pada karyawan outlet dengan memberikan pelatihan tambahan sesuai hasil evaluasi kinerja karyawan. Sedangkan pengembangan bukan ikatan kerja terdiri dari Basic Medical Education (BME) dan gathering. Temuan kedua berupa proses pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan HRD terdiri dari tahapan perancangan pengembangan SDM, development continue, perancangan jabatan struktural, mengkaji kebutuhan pengembangan SDM, pendekatan pengembangan SDM, evaluasi pengembangan SDM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM, HRD, Kinerja, ikatan kerja, bukan ikatan kerja, Beasiswa Pendikan, Training, Basic Medical Education (BME), Gathering.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 May 2024 18:04
Last Modified: 31 May 2024 18:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31748

Actions (login required)

View Item View Item