REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN PEMBALUT WANITA (Analisis Semiotika Roland Barthes pada iklan Laurier Active Day)

Atyarista, Flaviana Sekar (2024) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN PEMBALUT WANITA (Analisis Semiotika Roland Barthes pada iklan Laurier Active Day). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Flaviana Sekar Atyarista)
170906239_Bab 0.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906239_Bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
170906239_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
170906239_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906239_Bab 4.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Kesetaraan gender merupakan prinsip yang menghendaki adanya persamaan antara laki-laki dan perempuan dalam penerimaan hak-hak dan perlakuan. Sayangnya, kesetaraan gender masih kerap dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti diskriminasi, stereotip gender dan stigma, salah satunya terkait dengan menstruasi sebagai siklus reproduksi perempuan. Penelitian ini mengeksplorasi representasi kesetaraan gender dalam iklan pembalut Laurier Active Day melalui tanda-tanda dalam iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif dengan metode Semiotika Roland Barthes. Peneliti membagi beberapa scene dan shot dalam iklan untuk menemukan tanda-tanda dalam bentuk audiovisual yang menggambarkan kesetaraan gender serta mengaitkannya dengan mitos yang ada. Terdapat beberapa bentuk relasi yang ditunjukkan dalam iklan, antara lain relasi keluarga (suami-istri), relasi persaudaraan (kakak-adik), relasi pertemanan (pasangan kekasih) dan relasi dalam pekerjaan (karyawan-konsumen). Di samping itu, terdapat beberapa mitos yang muncul dalam iklan ini antara lain adalah mitos mengenai maskulinitas, menstruasi dan pembalut. Hasil penelitian menunjukkan adanya representasi kesetaraan gender yang tergambarkan dalam bentuk kepedulian, dukungan, tidak adanya diskriminasi dan saling membantu. Iklan Laurier Active Day ini membawa narasi counter-myth atau kontra-mitos melawan mitos tentang menstruasi yang hanya dianggap sebagai masalah siklus reproduksi untuk perempuan saja. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah representasi kesetaraan gender yang terkandung dalam iklan Laurier Active Day tergambarkan dalam bentuk kepedulian dan dukungan laki-laki akan kebutuhan perempuan, tidak adanya diskriminasi dalam setiap relasi laki-laki dan perempuan serta menyadarkan bahwa menstruasi sebagai siklus reproduksi perempuan merupakan hal yang perlu dipahami bersama baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Kesetaraan Gender, Menstruasi, Iklan Pembalut
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 May 2024 18:31
Last Modified: 31 May 2024 18:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31750

Actions (login required)

View Item View Item