Pengaruh Kualitas Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Kualitas EWOM di Tiktok @theoriginote terhadap Keputusan Pembelian The Originote pada Mahasiswa di Yogyakarta)

Evangeline, Gladys Natasha (2024) Pengaruh Kualitas Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Kualitas EWOM di Tiktok @theoriginote terhadap Keputusan Pembelian The Originote pada Mahasiswa di Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Gladys Natasha Evangeline)
180906760_Bab 0.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906760_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
180906760_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
180906760_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906760_Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perawatan kulit di Indonesia belakangan ini merupakan salah satu bidang industri yang memiliki perkembangan yang cukup menarik. Produk perawatan kulit lokal di Indonesia menjadi pasar yang disenangi oleh kaum muda Indonesia. Sebagai salah satu brand lokal asli Indonesia, The Originote berusaha untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara menumbuhkan keinginan, minat, hingga memutuskan untuk membeli serta mengkonsumsinya. Melalui konten yang diunggah dalam akun Tiktok produk tersebut, The Originote berusaha menumbuhkan rasa untuk memutuskan keputusan pembelian audiens. The Originote menggunakan beberapa platform online untuk memasarkan produknya, salah satunya melalui Tiktok. Penelitian ini fokus pada pengaruh kualitas EWOM di Tiktok @theoriginote terhadap keputusan pembelian The Originote pada mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatif kuantitatif untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa di Yogyakarta yang mengikuti akun Tiktok @theoriginote dan memiliki pengalaman dalam membeli produk The Originote. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas EWOM di Tiktok @theoriginote memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian The Originote pada mahasiswa di Yogyakarta. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas EWOM yang diterima oleh mahasiswa dari akun Tiktok @theoriginote, semakin besar kemungkinan mereka untuk memutuskan untuk membeli produk The Originote. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana EWOM, khususnya melalui platform media sosial seperti Tiktok, mempengaruhi keputusan pembelian, terutama di kalangan mahasiswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan dapat memanfaatkan EWOM dengan memperhatikan kualitas konten yang disebarkan melalui platform media sosial, seperti konten yang relevan, informatif, dan menarik bagi target pasar mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas EWOM, Keputusan pembelian, media sosial Tiktok
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Jun 2024 20:21
Last Modified: 04 Jun 2024 20:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31767

Actions (login required)

View Item View Item