PANOPTIKON DALAM BUDAYA PENGGEMAR MUSIK KOREAN POP (Studi Netnografi Penggemar BTS di Media Sosial Twitter)

Manurung, Mercy Grace Olivia (2024) PANOPTIKON DALAM BUDAYA PENGGEMAR MUSIK KOREAN POP (Studi Netnografi Penggemar BTS di Media Sosial Twitter). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mercy Grace Olivia Manurung)
180906766_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906766_Bab 1.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text
180906766_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
180906766_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
180906766_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai kelompok penggemar dari grup Korean Pop BTS, ARMY melakukan berbagai aktivitas untuk menunjukkan dukungannya kepada idolanya, seperti streaming dan voting. ARMY dalam melakukan aktivitas ini saling berkomunikasi dan menuntut ARMY lainnya melalui Twitter agar dapat bersama-sama mencapai target-target yang telah ditetapkan. Twitter adalah media sosial yang memiliki fitur-fitur, seperti tweet dalam bentuk foto, video, dan teks dengan maksimal 280 karakter, retweet, quote retweet, like, reply, direct message, trending topic, topic, dan mention. ARMY dalam Twitter dapat memfungsikan akun mereka menjadi personal account, cyber account, roleplay account, fan account, autobase account, dan lain-lain. Tuntutan yang disebar melalui Twitter ini dapat membuat ARMY lain merasa tidak berdaya dan merasa bukan penggemar “asli” jika tidak memenuhi tuntutan dan mencapai target yang telah dibuat. Hal ini dapat membuat ARMY seolah-olah merasa diawasi dalam melakukan aktivitasnya sebagai penggemar. Hal ini yang kemudian memicu terjadinya panoptikon dalam ARMY. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar bagaimana panoptikon yang terjadi dalam budaya konsumsi musik penggemar BTS di media sosial Twitter. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian netnografi. Berdasarkan hasil dari penelitian, panoptikon dapat terjadi dalam penggemar KPop seperti ARMY di media sosial sebagai bentuk dari panoptikon virtual. Menurut ARMY di Twitter dan ketiga narasumber yang diwawancarai, melakukan voting dan streaming untuk BTS dan mengajak ARMY lain melakukan hal yang serupa adalah sistem yang dinormalisasi menjadi budaya penggemar. Meskipun pada praktiknya di dunia nyata ada beberapa ARMY yang menunjukkan ketidaksetujuaan mereka terhadap voting dan streaming menjadi budaya penggemar yang wajib dilakukan oleh ARMY. Namun, mayoritas ARMY menyetujui voting dan streaming menjadi budaya penggemar yang wajib dilakukan oleh ARMY, melakukannya, mengajak, dan menuntut ARMY lain untuk melakukan hal yang sama. Maka dari itu, hal ini yang kemudian dapat membuat ARMY berada dalam penjara panoptikon dan menempatkan ARMY ke dalam dua peran yang dapat mereka miliki dan lakukan secara berdampingan, yakni pengawas dan yang diawasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BTS, ARMY, Budaya Penggemar, Panoptikon, Twitter
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Jun 2024 20:30
Last Modified: 04 Jun 2024 20:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31769

Actions (login required)

View Item View Item