Devi, I Gusti Ayu Laksmi (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WHITELAB HYDRATING SERIES MELALUI KEY OPINION LEADER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (I Gusti Ayu Laksmi Devi)
190906853_Bab 0.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
190906853_Bab 1.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
190906853_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
190906853_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
190906853_Bab 4.pdf Download (458kB) | Preview |
Abstract
Sebagai salah satu brand skincare lokal di Indonesia, Whitelab yang tergabung di dalam DECA Group telah memiliki strategi dalam memperkenalkan dan memasarkan produk-produk barunya sehingga audiens, termasuk produk Whitelab Hydrating Series yang baru rilis pada bulan Februari 2023. Untuk memperkenalkan produk dan memasarkannya, maka Whitelab membutuhkan key opinion leader (KOL) yang memiliki media sosial Tiktok. Adapun permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana perusahaan melakukan pemilihan KOL untuk memasarkan produk Whitelab Hydrating Series, dan bagaimana peran KOL dalam memasarkan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran dan konsep STP (segmentation, targeting, dan positioning). Metodologi yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan DECA Group melakukan pemilihan KOL dengan cara direct maupun bantuan dari pihak ketiga, yaitu agensi Bless Management. Pemilihan itu diawali dengan pembentukan kriteria KOL ideal, lalu KOL dipilih secara direct dengan memperhatikan jumlah followers dan engagement, memiliki kemampuan dalam menjabarkan produk yang berkaitan dengan beauty skincare, dan berpenampilan rapi. Setelah itu, perusahaan akan melakukan seleksi dengan memperhatikan timeline schedule dan biaya menyewa jasanya KOL tersebut. Jika sudah cocok, maka langkah berikutnya adalah melakukan briefing dan perusahaan memastikan bahwa KOL yang disewa jasanya di Bless Management akan mengatakan sesuai dengan ucapan yang telah dilakukan saat briefing. Evaluasi dilakukan hingga tahap melakukan editing pada konten kegiatan tersebut selesai. Peran KOL sangat penting untuk memperkenalkan produk Whitelab tersebut, khususnya untuk produk inovasi terbaru, yaitu Whitelab Hydrating Series.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | skincare, brand, pemasaran |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 16:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 16:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31774 |
Actions (login required)
View Item |