Cheterina, Mellisa (2024) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH GUDEG MANGGAR LUWENG KAYU. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Mellisa Cheterina)
190906918_Bab 0.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
190906918_Bab 1.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
190906918_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text
190906918_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
190906918_Bab 4.pdf Download (708kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas terkait penggunaan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran suatu pebisnis, khususnya dalam ranah kuliner. Persaingan bisnis kuliner cukup pesat ditandai dengan banyaknya pebisnis yang menjual produk serupa. Adanya fenomena tersebut, diperlukan strategi yang efektif untuk memenangkan persaingan ketat. Para pebisnis dalam menjangkau calon konsumennya perlu menyampaikan dan memperkenalkan produknya melalui komunikasi pemasaran, salah satunya melalui penggunaan media sosial. Pada prosesnya, para pebisnis kuliner perlu menggunakan medium lain agar tujuan dapat tercapai dengan maksimal dan efektif, salah satunya penggunaan media sosial Instagram. Hal ini dilakukan oleh pebisnis kuliner tradisional Yogyakarta bernama Gudeg Manggar Luweng Kayu (GMLK) yang menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasarannya. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti mengangkat judul penelitian “Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran oleh Gudeg Manggar Luweng Kayu” dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran oleh GMLK. Metode dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian, terdapat dua teori utama yang digunakan dalam mencapai tujuan penelitian yakni bauran komunikasi pemasaran oleh Kotler dan Armstrong dengan konsep social media marketing bernama 4C oleh Chris Heuer. Hasil dari penelitian ini GMLK telah melakukan beberapa aktivitas komunikasi pemasaran pada akun Instagramnya bernama @gudegmanggarluwengkayu. Aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan di Instagram yakni periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, dan pemasaran langsung. Tiga diantara aktivitas komunikasi pemasaran tersebut juga telah melakukan empat indikator social media marketing 4C yakni konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi. Pada bauran komunikasi pemasaran langsung hanya menggunakan tiga indikator penggunaan media sosial dan tidak menggunakan indikator kolaborasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi pemasaran, Social Media Marketing, Instagram, GMLK. |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 17:12 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 17:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31777 |
Actions (login required)
View Item |