ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PERILAKU SUPORTER SEPAK BOLA INDONESIA TERKAIT TRAGEDI KANJURUHAN PADA MEDIA BERITA BOLASPORT.COM

Jati, Mateus Jericho Krisna (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PERILAKU SUPORTER SEPAK BOLA INDONESIA TERKAIT TRAGEDI KANJURUHAN PADA MEDIA BERITA BOLASPORT.COM. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Mateus Jericho Krisna Jati)
190906952_Bab 0.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906952_Bab 1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
190906952_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
190906952_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
190906952_Bab 4.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Framing Pemberitaan Perilaku Suporter Sepak Bola Indonesia Terkait Tragedi Kanjuruhan Pada Media Berita Bolasport.com. Analisis framing ini menggunakan model framing dari Robert M. Entman dan Scheufele dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana frame yang dibentuk oleh Bolasport.com. Penelitian ini memiliki alur analisis level teks berita di Bolasport.com, kemudian analisis level konteks dengan melakukan wawancara awak media Bolasport.com dan terakhir adalah analisis gabungan teks dan konteks. Berdasarkan analisis tersebut, penelitian ini menemukan dua frame utama yang digunakan dalam pemberitaan mengenai perilaku suporter sepak bola indonesia terkait tragedi kanjuruhan. Frame-frame tersebut meliputi, Bolasport.com melihat faktor terjadinya tragedi Kanjuruhan diakibatkan oleh berbagai pihak yang terlibat pada pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya. Frame kedua adalah, Bolasport.com melihat bahwa saat ini nasib sepak bola Indonesia belum maksimal. Perilaku dari suporter sepak bola Indonesia terkait tragedi Kanjuruhan juga terlihat dari frame kedua di analisis teks, yang menyebutkan dua perilaku suporter Peneliti juga melakukan analisis pada faktor-faktor yang memengaruhi isi media berdasarkan teori dari Reese dan Shoemaker. Pada tingkat individual peneliti menemukan bahwa, pandangan reporter dapat memengaruhi cara menulis berita. Pada tingkat rutinitas media, Bolasport.com menerapkan prosedur-prosedur tertentu dalam proses produksi berita. Pada tingkat organisasi, peneliti menemukan bahwa ada skenario khusus bagi reporter, sehingga berita yang ditulis oleh reporter Bolasport.com memang sudah sesuai dengan konsentrasi masing-masing. Pada institusi sosial, pemberitaan di Bolasport.com juga dipengaruhi oleh narasumber berita. Terakhir pada tingkat sistem sosial, peneliti menemukan bahwa Bolasport.com juga kuat dalam melaksanakan visi dan misinya, khususnya pada bagian memberikan berita yang bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Framing, Tragedi Kanjuruhan, Bolasport.com
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jun 2024 17:57
Last Modified: 06 Jun 2024 17:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31779

Actions (login required)

View Item View Item