TINJAUAN HAK ATAS PERKAWINAN TERHADAP PERKAWINAN ANTAR UMAT BERBEDA AGAMA DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA

Audrey, Denisha Angelica (2024) TINJAUAN HAK ATAS PERKAWINAN TERHADAP PERKAWINAN ANTAR UMAT BERBEDA AGAMA DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Denisha Angelica Audrey)
200513759_Bab 0.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200513759_Bab 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
200513759_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
200513759_Bab 3.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Perkawinan antar umat berbeda agama menjadi sebuah isu yang menimbulkan perdebatan hingga menuai pro dan kontra dalam pelaksanaanya. Hal ini terjadi karena adanya peraturan yang berlaku dalam hukum positif di Indonesia menyatakan bahwa perkawinan yang akan dicatatkan oleh negara merupakan perkawinan yang dilaksanakan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh agama masing-masing. Hadirnya SEMA Nomor 2 Tahun 2023 tentang Petunjuk Bagi Hakim dalam Mengadili Perkara Permohonan Pencatatan Perkawinan Antar-Umat yang Berbeda Agama mengundang banyak atensi dari masyarakat internasional karena dianggap sebagai bentuk limitasi terhadap hak untuk menikah dan bertentangan dengan hak asasi manusia yang bersifat universal dan melekat pada tiap individu. Terciptanya sebuah norma dan hukum dalam sebuah negara merupakan hasil kajian dengan pertimbangan yang berdasar pada kultur sejarah yang ada hidup dalam suatu negara. Indonesia merupakan negara yang berlandaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Terbukti dalam Pancasila dan irah-irah hakim dalam memutus suatu perkara di pengadilan. Nilai agama menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan sah atau tidak sebuah perkawinan. Hal ini membuat hak atas perkawinan hanya dilakuakan secara terbatas. Isu ini akan dikaji dalam penelitian ini dengan metode penelitian normatif yuridis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hak atas perkawinan, Perkawinan antar-umat berbeda agama, Hak asasi manusia
Subjects: Ilmu Hukum > Hubungan Internasional
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Jun 2024 18:48
Last Modified: 07 Jun 2024 18:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31790

Actions (login required)

View Item View Item