IMPLEMENTASI GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN OLEH GRIYA SAPU LIDI (Studi Kasus pada Masyarakat Perumahan Gumuk Indah Godean Yogyakarta dengan Pendekatan Goals-Plans-Action)

Martatiana, Renata (2024) IMPLEMENTASI GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN OLEH GRIYA SAPU LIDI (Studi Kasus pada Masyarakat Perumahan Gumuk Indah Godean Yogyakarta dengan Pendekatan Goals-Plans-Action). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Renata Martatiana)
200907296_copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan lingkungan saat ini menjadi permasalahan yang sulit untuk diatasi. Perumahan Gumuk Indah Godean Yogyakrta menjadi salah satu wilayah yang memiliki fasilitas bank sampah yang dikenal dengan Bank Sampah Griya Sapu Lidi. Tujuan dari adanya Bank Sampah Griya Sapu Lidi yaitu untuk melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat Perumahan Gumuk Indah Godean Yogyakarta dalam meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan melalui pendekatan teori produksi pesan goals-plans-action oleh James Dilliard. Penelitian ini termasuk kedalam metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah terkumpul kemudian diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Bank Sampah Griya Sapu Lidi telah berhasil melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat. Keberhasilan Bank Sampah Griya Sapu Lidi dikarenakan proses produksi pesan yang tepat dan antusias dari masyarakat yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, ramah lingkungan, komunikasi persuasif, goals-plans-action.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Jun 2024 15:41
Last Modified: 21 Jun 2024 15:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31837

Actions (login required)

View Item View Item