KOMUNIKASI RITUAL NAQ LOM PADA MASYARAKAT DAYAK MODANG (Studi Fenomenologi Makna Simbol-simbol Komunikasi Ritual Masyarakat Dayak Modang Pada Ritual Naq Lom di Desa Long Nah, Kabupaten Kutai Timur)

Hanung, Frederico (2024) KOMUNIKASI RITUAL NAQ LOM PADA MASYARAKAT DAYAK MODANG (Studi Fenomenologi Makna Simbol-simbol Komunikasi Ritual Masyarakat Dayak Modang Pada Ritual Naq Lom di Desa Long Nah, Kabupaten Kutai Timur). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Frederico Hanung)
200907373_copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Suku Dayak Modang merupakan salah satu dari ratusan sub suku Dayak yang ada di Indonesia. Masyarakat Dayak Modang memiliki banyak tradisi dan ritual adat yang tetap dipertahankan pada masa modern, salah satunya adalah ritual adat Naq Lom. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana komunikasi ritual sebagai salah satu dari empat fungsi komunikasi dalam ritual adat Naq Lom. Peneliti menggunakan metode penelitian jenis kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mandalam, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan ada banyak komunikasi ritual yang terjadi dalam ritual adat Naq Lom dengan menggunakan banyak simbol, namun secara garis besar ditemukan bahwa Naq Lom dimaknai sebagai penerimaan seseorang ke dalam komunitas masyarakat suku Dayak Modang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dayak Modang, Komunikasi Ritual, Makna Simbolik, Ritual Adat Naq Lom
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Jun 2024 17:46
Last Modified: 21 Jun 2024 17:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31853

Actions (login required)

View Item View Item